Kunjungi Pedalaman Sumatra, Ganjar Disambut Ribuan Warga Berbahasa Jawa

Kunjungi Pedalaman Sumatra, Ganjar Disambut Ribuan Warga Berbahasa Jawa
Bakal capres Pemilu 2024 Ganjar Pranowo disambut ribuan warga keturunan Jawa di Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan, Senin (6/11/2023). Foto: supplied

jpnn.com, MUSI RAWAS - Angkringan Kampung Belimbing di Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan, pada Senin (6/11/2023) siang mendadak hiruk pikuk. Ada ribuan orang becakap-cakap dalam bahasa Jawa di pedalaman Pulau Sumatra itu.

Warga yang berbahasa Jawa itu juga mengenakan pakaian daerah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta. Ternyata mereka adalah transmigran puluhan tahun tinggal di Musi Rawas yang ngebet bertemu dengan bakal capres Pilpres 2024 Ganjar Pranowo.

Ya, gubernur Jateng 2013-2018 dan 2018-2023 itu mengunjungi Kampung Belimbing di Desa Kali Bening, Kecamatan Tugumulyo, Musi Rawas, untuk menghadiri acara ‘Ganjar Tilik Sedulur’ dalam rangka safarinya di Sumsel.

Arep ketemu Pak Ganjar kaya arep kondangan (mau bertemu Pak Ganjar seperti mau kondangan)," ujar seorang ibu yang mengobrol saat menunggu kedatangan bakal capres yang berpasangan dengan Mahfud MD itu.

Seorang ibu lainnya pun menimpali ujaran itu dengan bahasa Jawa.

"Iyalah, arep ketemu sedulur lanang ko Jawa (mau bertemu saudara laki-laki dari Jawa),” ujar seorang ibu.

Inyong bungah nemen (saya senang sekali)," timpal ibu lainnya yang berbicara dengan logat Banyumas.

Udara panas dan terik sinar matahari sejak siang tidak membuat ibu-ibu itu patah semangat. Mereka tetap setia menunggu kedatangan Ganjar.

Ribuan warga di Musi Rawas, Sumsel, yang bercakap-cakap dengan bahasa Jawa mengaku begitu merindukan kampung halaman mereka saat kedatangan Ganjar Pranowo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News