Kunjungi Pesantren di Muba, Ganjar Bicara soal Solusi bagi Palestina

Kunjungi Pesantren di Muba, Ganjar Bicara soal Solusi bagi Palestina
Bakal capres Pemilu 2024 Ganjar Pranowo (berpeci hitam) berbincang dengan pengasuh Pondok Pesantren Hidayatul Fudhola' Wali Songo, Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan, Senin (6/11/2023). Foto: supplied

jpnn.com, MUBA - Bakal capres Pemilu 2024 Ganjar Pranowo menyatakan Indonesia harus memprakarsasi perdamaian antara Palestina dengan Israel.

Menurut Ganjar, Indonesia bisa mengambil peran penting untuk menghentikan perang antara kedua negara yang telah menewaskan ribuan warga Gaza, Palestina, itu.

"Kalau kita lihat seluruh dunia bergerak, maka Indonesia harus ikut berkontribusi. Organisasi Konferensi Islam harus bicara. Di PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa, red), kita harus bicara mecarikan solusi agar bisa mendamaikan," ujar Ganjar saat bersilaturahmi di Pondok Pesantren Hidayatul Fudhola' Wali Songo, Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan, Senin (6/11/2023).

Bakal capres yang didukung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura, dan Partai Perindo, itu juga mengutuk perang di Palestina.

Menurut Ganjar, konflik bersenjata tersebut tidak hanya menyengsarakan rakyat Palestina, tetapi juga menyebabkan banyak perempuan dan anak-anak kehilangan nyawa.

"Apa pun yang namanya perang itu menyengsarakan. Anak-anak dan perempuan jadi korban. Rumah sakit juga jadi korban," tuturnya.

Oleh karena itu, Ganjar menegaskan Indonesia yang memiliki doktrin politik luar negeri bebas aktif harus mengambil sikap tegas dalam memprakarsasi menginisiasi perdamaian.

"Saya kira Indonesia punya kesempatan itu. Maka sekarang dalam konteks politik bebas aktif, kita hari ini harus menginisiasi," tutur Ganjar.

Ganjar Pranowo menyatakan Indonesia harus memprakarsasi perdamaian antara Palestina dengan Israel. Menurut dia, hal utama yang mendesak ialah menyetop perang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News