Kunjungi Perbatasan Tibet

Kunjungi Perbatasan Tibet
Foto : AP
TAWANG-Ribuan orang menyambut kunjungan kontroversial Dalai Lama ke sebuah biara di dekat perbatasan Tibet, Minggu (8/11). Pemimpin spiritual Tibet yang mengungsi ke Dharamsala, India, tersebut berada Biara Tawang di Negara Bagian Arunachal Pradesh, India, yang masih menjadi sengketa antara Beijing dan New Delhi.

Hawa dingin yang sangat menyengat di Tawang tidak menyurutkan warga untuk menyambut dan melihat dari dekat Dalai Lama. "Kami senang sekali dan merasa diberkati dengan kehadiran beliau (Dalai Lama)," ujar seorang biksu, Sarwang Lama, kepada Agence France Presse.

Sejumlah peziarah bahkan berjalan selama lima hari untuk sampai ke Tawang. Salah satunya Dorji Wangdi. "Jika diberi kesempatan untuk melihatnya satu kali saja dalam hidup saya, saya tidak akan takut lagi untuk mati," katanya seperti dikutip Associated Press.

Beijing menuduh Dalai Lama berupaya untuk meremehkan kedaulatan Tiongkok dan menyatakan kunjungan tersebut sebagai anti-Tiongkok. Namun, Dalai Lama menyatakan kunjungan tersebut tidak untuk tujuan politik. "Kunjungan saya ke Tawang hanya bertujuan menyebarkan persaudaraan dan tidak ada lainnya," kata Dalai Lama.

TAWANG-Ribuan orang menyambut kunjungan kontroversial Dalai Lama ke sebuah biara di dekat perbatasan Tibet, Minggu (8/11). Pemimpin spiritual Tibet

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News