Kunjungi Ponpes Tempat Gus Dur Menyantri, Mahfud Beber Peran Pesantren bagi Demokrasi

Kunjungi Ponpes Tempat Gus Dur Menyantri, Mahfud Beber Peran Pesantren bagi Demokrasi
Cawapres bernomor urut 3 di Pilpres 2024 Mahfud Md mengunjungi Ponpes Sirnamiskin di Bandung, Sabtu (16/12/2023). Ponpes Sirnamiskin merupakan pesantren yang pernah menjadi tempat K.H. Abdurrahman Wahid alis Gus Dur menyantri. Foto: Antara

jpnn.com, BANDUNG - Cawapres bernomor urut 3 di Pilpres 2024 Mahfud Md terus mendorong kalangan santri dan pengasuh pondok pesantren (ponpes) mengambil peran  dalam demokratisasi di Indonesia.

Menurut Mahfud, pesantren di Tanah Air merupakan salah satu basis pendidikan demokrasi.

"Basis-basis pendidikan demokrasi itu dimulai dari pesantren,” ujar Mahfud dalam safarinya di Popes Sirnamiskin, Bandung, Sabtu (16/12/2023).

“Oleh sebab itu, saya datang mengunjungi pesantren ini dengan santri yang ribuan, dengan murid yang ribuan di sini, pondok pesantren di Sirnamiskin ini," imbuhnya.

Guru besar ilmu hukum itu punya harapan besar kepada setiap santri. Menurut dia, santri memiliki syariat yang penuh dengan kedamaian untuk membangun negara.

"Saya berharap dari pesantren akan lahir kader bangsa yang demokratis dan berwawasan syariat yang penuh kedamaian, kerukunan, dan persaudaraan," kata Mahfud.

Mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu juga mengatakan Ponpes Sirnamiskin merupakan pesantren yang menjadi salah satu saksi sejarah perjalanan para kiai Nahdlatul Ulama (NU).

Beberapa tokoh NU yang terkait erat dengan Ponpes Sirnamiskin ialah K.H Achmad Dimyati, K.H. Wahid Hasyim, dan K.H. Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Mahfud Md mengunjungi Ponpes Sirnamiskin di Bandung yang dikenal sebagai pesantren penting dalam perjalanan sejarah Nahdlayul Ulama.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News