Kunker ke Padang Pariaman, Mensos Risma Ziarah dan Bersihkan Makam Syekh Burhanuddin

Kunker ke Padang Pariaman, Mensos Risma Ziarah dan Bersihkan Makam Syekh Burhanuddin
Setelah berziarah dan berdoa di makam Syekh Burhanuddin, Menteri Sosial Tri Rismaharini secara spontan ikut membersihkan halaman makam yang berlokasi di Kecamatan Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar, Sabtu (2/10). Foto: Kemensos.

jpnn.com, PADANG PARIAMAN - Menteri Sosial Tri Rismaharini menyempatkan berziarah ke makam Syekh Burhanuddin saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, Sabtu (2/10).

Selain mendoakan tokoh penyebar agama Islam itu, ada aksi spontan dilakukan Mensos Risma saat berada di kawasan makam yang berada di Kecamatan Ulakan Tapakis, yaitu menyapu halaman makam.

"Karena makam ini dihormati oleh masyarakat, kita ada kewajiban untuk menjaga serta melestarikannya," kata Mensos Risma.

Dia pun menceritakan pengalamannya saat pertama kali menjabat Wali Kota Surabaya.

"Saya juga memperbaiki makam Sunan Ampel yang sekarang kondisinya sudah baik,” kenangnya.

Anggota Komisi VIII DPR John Kenedy Azis yang juga ikut dalam rombongan kunjungan tersebut menyampaikan yang dilakukan Mensos Risma tersebut merupakan aksi spontan.

"Menteri berbisik ke saya, dia ingin menyapu di halaman makam," kata John Kenedy Azis.

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur menyampaikan di kawasan tersebut sudah ada petugas kebersihan, namun karena saat ini sedang dilaksanakan tradisi basafa sehingga banyak peziarah datang.

Di areal makam ini sempat terjadi bencana pohon tumbang yang menimpa empat orang peziarah, satu di antaranya meninggal dunia.

Selain berziarah makam Syekh Burhanuddin dan mendoakan tokoh penyebar agama Islam itu, Mensos Risma juga memberikan bantuan Keserasian Sosial sebagai bentuk pelestarian makam yang dihormati oleh masyarakat sekitar.

Menteri Sosial Tri Rismaharini melakukan aksi spontan saat berkunjung dan berziarah ke makam Syekh Burhanuddin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News