Kunyah Es Batu Bikin Email Tipis

Kunyah Es Batu Bikin Email Tipis
Kunyah Es Batu Bikin Email Tipis

jpnn.com - LEBARAN - menjadi suatu hari yang ditunggu umat Islam setelah menjalankan puasa 30 hari. Aneka minuman dingin dan segar menjadi sesuatu yang dinanti dan dicari. Namun, ada kebiasaan buruk masyarakat, yakni menggunakan Lebaran sebagai ajang balas dendam sehingga makan dan minum sepuasnya.

Hal tersebut perlu diwaspadai karena bisa berdampak pada kesehatan gigi dan mulut. Apalagi bagi Anda yang memiliki kebiasaan mengunyah es batu pada minuman. Potongan-potongan kecil es batu, bagi beberapa orang, sulit ditolak untuk tidak dimakan dan digigit-gigit. Satu demi satu dan perlahan-lahan. Mengapa berbahaya?

Menurut Co Founder and Senior Dentist Whitenvy Cosmetic and General Dentistry drg Lauren White, 30, gerakan menggigit mengakibatkan email jadi tipis. Akibatnya, dentin terbuka dan muncul gejala gigi sensitif. Ngilu akan dirasakan saat terkena rangsangan minuman yang dingin.

Email gigi yang tipis juga mengakibatkan gigi rentan terhadap perlubangan gigi atau sering disebut dengan karies. "Karena itu, gigi yang berlubang sebaiknya segera ditambal agar tidak mengganggu saat Lebaran," terang dokter alumnus FKG Unair tersebut. Selanjutnya, gigi dapat patah di bagian tepi karena penipisan email. "Bagian yang patah membuat sebagian gigi menjadi tajam dan melukai gusi dan lidah," tambahnya.

Tak hanya itu, kebiasaan mengunyah es batu juga akan berdampak pada munculnya peradangan jaringan atau disebut dengan periodontitis. "Kasus tersebut akhir-akhir ini sering ditemui," tegas perempuan asal Surabaya tersebut. Periodontitis itu akan berdampak lain pada kasus mulut dan gigi, seperti penampilan gigi yang jelek atau berantakan. Juga bau mulut tak sedap.

Selain menghindari mengunyah es batu, Professional Relationship Manager Oral Care PT Unilever Indonesia Tbk drg Ratu Mirah Afifah GCClinDent MDSc menganjurkan jangan makan yang panas, lalu langsung minum yang dingin. Sebab, hal tersebut juga berperan merusak email gigi.

Mengonsumsi makanan manis di sela waktu makan besar juga dapat menurunkan kadar keasaman rongga mulut secara drastis yang mampu membuat email gigi rapuh dan rentan terhadap gigi berlubang. "Bila ngemil tidak bisa dihindari di hari raya, coba dinetralisasi dengan minum air putih dan menyikat gigi sesudahnya," kata perempuan kelahiran 2 Februari 1970 tersebut. (lie/bri/c6/tia)


LEBARAN - menjadi suatu hari yang ditunggu umat Islam setelah menjalankan puasa 30 hari. Aneka minuman dingin dan segar menjadi sesuatu yang dinanti


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News