Kurang Tidur Sebabkan Kamu Mudah Marah

Kurang Tidur Sebabkan Kamu Mudah Marah
Ilustrasi marah. Foto: Pixabay

jpnn.com - Penelitian baru di AS telah menemukan bahwa bahkan kehilangan hanya beberapa jam waktu tidur dalam semalam bisa membuat Anda marah dan mengurangi kemampuan Anda untuk beradaptasi dengan situasi tertentu.

Hasil penelitian itu dilakukan oleh para peneliti di Iowa State University. Studi ini meneliti 142 peserta yang secara acak ditugaskan ke dalam dua kelompok.

BACA JUGA : Ketahui Efek Tidur dengan Rambut Basah

Satu kelompok diminta untuk mempertahankan rutinitas tidur normal mereka selama jangka waktu dua hari. Sementara yang lain diminta untuk membatasi tidur mereka hanya dua hingga empat jam selama dua malam.

Para peserta juga menilai perasaan marah mereka sebelum dan sesudah tidur selama tes di lab, di mana mereka diminta untuk menilai produk sambil mendengarkan suara dengan latar belakang yang berbeda, yang dirancang untuk menciptakan situasi yang membuat frustrasi yang bisa memancing kemarahan.

BACA JUGA : Tidur Siang yang Lama Bisa Mengganggu Kesehatan

Temuan yang dipublikasikan dalam Journal of Experimental Psychology: General, menunjukkan bahwa peserta penelitian yang mempertahankan pola tidur reguler mereka, rata-rata tidur hampir tujuh jam semalam.

Selain itu, para peneliti juga menemukan bahwa pembatasan tidur secara universal juga bisa meningkatkan perasaan marah.

Studi ini adalah salah satu yang pertama yang memberikan bukti bahwa kurang tidur bisa memicu perasaan marah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News