Kursi Honorer K1 Dijual Puluhan Juta

Kursi Honorer K1 Dijual Puluhan Juta
Kursi Honorer K1 Dijual Puluhan Juta
JAKARTA - Transaksi jual beli kursi kursi tidak hanya untuk formasi PNS. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) menemukan juga transaksi kotor itu di penetapan honorer kategori 1 (K1). Untuk membendungnya, mereka menggulirkan audit tujuan tertentu (ATT).

      

Menteri PAN-RB Azwar Abubakar mengatakan, ATT tersebut dijakankan bersama tim dari BPKP (Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan). "Dokumen K1 yang akan diaudit berkoper-koper diserahkan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) ke kami," tandasnya, Selasa  (2/4).

      

Azwar memahami resiko pelaksanaan ATT yang berlarut-larut itu. Yakni pengangkatan sebagian honorer K1 menjadi molor. Namun Azwar juga tidak mau ambil resiko asal meloloskan, tetapi ternyata honorer siluman.

      

Dari informasi yang ia kumpulkan, bandrol jual beli kursi honorer K1 mencapai Rp 20 juta lebih per orang. Dengan nilai yang rendah itu, akhirnya jumlah honorer K1 membludak sampai 70 ribuan orang. "Aslinya K1 itu kan honorer yang tercecer dan diangkat (CPNS) menyusul. Tapi ini kok tercecernya banyak sekali, tidak wajar," urainya.

      

JAKARTA - Transaksi jual beli kursi kursi tidak hanya untuk formasi PNS. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News