JPNN.com

Kurva Kasus Covid-19 Turun Bukti Keefektifan PPKM Skala Mikro

Minggu, 28 Februari 2021 – 20:33 WIB
Kurva Kasus Covid-19 Turun Bukti Keefektifan PPKM Skala Mikro - JPNN.com
Waspada virus Corona dengan tetap pakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan hindari kerumunan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Brigjen TNI (Purn) dr Alexander K Ginting mengatakan, pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro tingkat desa dan kelurahan di Pulau Jawa dan Bali telah menunjukan hasil.

Hal ini terlihat dari kurva kasus positif Covid-19 yang belakangan mulai menurun.

"Memang kurva sudah terlihat melandai. Kemudian angka sakit dan kematian tidak ada peningkatan, tetapi masih cukup tinggi,” ujar Alex dalam konferensi pers virtual yang digelar Satgas Covid-19 pada Minggu (28/2). 

Alex menambahkan, landainya kurva bukan berarti membuat upaya penanganan Covid-19 menurun. Pasalnya, kasus Covid-19 masih terbilang tinggi.

Dia pun meminta semua pihak untuk memperkuat 3T yaitu testing, tracing, dan treatment dan diimplementasikan di desa.

Kemudian, karantina dan isolasi bisa diterapkan optimal yang disebut dengan isolasi dan karantina menyenangkan dan membahagiakan.

"Maksudnya isolasi dan karantina ini tidak mengganggu perekonomian mereka, tidak mengganggu urusan makan dan minum, dan tidak mengganggu urusan sosial yang berdampak sangat berat bagi mereka,” beber Alex.

Lanjut Alex menuturkan, pada PPKM mikro terdapat posko desa yang dipimpin kepala desa atau lurah.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...