Kuswanto Ditemukan, Ya Ampun!

Kuswanto Ditemukan, Ya Ampun!
Tim SAR. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, BALIKPAPAN - Kuswanto, penumpang kapal motor (KM) Dharma Kartika IX yang lompat ke laut pada 24 Juli lalu, jasadnya ditemukan Sabtu (28/7) di perairan Kuala Samboja, Kutai Kartanegara, Kaltim.

Korban yang merupakan warga Blitar, Jawa Timur itu nekat lompat ke laut sekitar Teluk Adang, Paser ketika kapal dari Surabaya hendak menuju Pelabuhan Semayang, Balikpapan.

Jasad ditemukan dalam kondisi telentang oleh nelayan Samboja. Kondisi jasad rusak dan mengeluarkan aroma tak sedap. "Sesuai ciri-ciri korban," ungkap Octavianto, kepala Seksi Operasi dan Siaga, Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan (Kaltimra).

Korban kemudian dievakuasi beberapa jam kemudian setelah informasi masuk ke Polsek Samboja. Lalu dikoordinasikan ke Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari) dan BPBD Samboja serta petugas SAR gabungan di Balikpapan. "Pencarian hari keempat, akhirnya ditemukan," tuturnya.

Lokasi jasad di wilayah perairan Kuala Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara atau sekitar setengah jam perjalanan laut menuju Tanah Merah, sebelum Pantai Ambalat. Menurut Octavianto, penemuan korban berawal dari informasi nelayan yang melihat tubuh korban di sekitar Rig PT Pertamina Hulu Mahakam di perairan Senipah–Samboja, Kukar pada posisi S 00°59’47.3? E 117°11’43.1? dalam kondisi meninggal dunia.

Korban yang meninggalkan istri dan tiga anaknya ini hendak bertani di Sangatta. Diduga mengalami stres kemudian lompat dari kapal. Jasad dibawa ke posko di Pelabuhan Semayang Balikpapan, kemudian dibawa ke RS Kanujoso Djatiwibowo guna keperluan identifikasi dan untuk seterusnya diserahkan kepada pihak keluarga.

Diketahui, tim gabungan pencarian terdiri dari SAR, rescuer, dan ABK Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan, Satuan Polair Polres Balikpapan, Polair Paser, KP3 Semayang, KKP Semayang, Info Bencana, BPBD, RAPI, Banda Indonesia, PT PHM, Polsek Samboja, Orari Samboja, PMI Samboja, dan BPBD Samboja. (aim/rsh/k15)

 


Kuswanto, penumpang yang loncat dari KM Dharma Kartika IX, ditemukan sudah menjadi mayat, innalillahi.


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News