Pilgub Jatim

La Nyalla-Anang Bisa Kalahkan Gus Ipul dan Khofifah

La Nyalla-Anang Bisa Kalahkan Gus Ipul dan Khofifah
La Nyalla Mattalitti. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah masyarakat Jawa Timur (Jatim) belum puas dengan keputusan partai politik (parpol) yang mengusung Khofifah Indar Parawansa dan Saifullah Yusuf atau Gus Ipul, sebagai calon gubernur (cagub).

Hasil survei Indonesia Network Election Survey (INES) menemukan masih ada satu sosok atau tokoh yang diinginkan masyarakat untuk maju Pilgub Jatim.

Direktur Eksekutif INES Chaerudin Affan menjelaskan berdasarkan survei, responden ingin adanya pasangan di luar dua yang sudah ada.

Sebanyak 77,4 persen responden menginginkan lebih dari dua pasangan calon. Hanya 20,2 persen yang menginginkan dua pasangan calon. "Sedangkan 2,4 persen tidak menjawab," kata Chaerudin, Jumat (15/12).

Survei digelar 29 November-5 Desember 2017 melibatkan 2661 responden di 38 kabupaten/kota di Jatim. Adapun margin of error kurang lebih 1,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Dalam survei juga ditemukan bahwa Khofifah Indar Parawansa dikenal 79,7 persen responden. Sedangkan Saipullah Yusuf 77,3 persen. La Nyalla 76,9 persen.

Nama lain yang muncul seperti Achsanul Qosasi 49,2 persen, Suyoto 52,1 persen, Abdullah Azwar Anas dikenal oleh 68,4 persen, Emil Dardak 49,6 persen, Anang Hermansyah 69,7 persen dan Nurwiyatno 52,4 persen.

Survei juga melakukan simulasi guna mengetahui tingkat popularitas, akseptabilitas dan elektabilitas pasangan calon. Antara lain simulasi pasangan Khofifah-Emil, Gus Ipul-Anas, La Nyalla-Anang dan lainnya.

Dari hasil survei, masyarakat Jawa Timur masih ingin satu sosok lagi di luar Gus Ipul dan Khofifah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News