La Nyalla Gubernur, Anang Hermansyah Wagub, Setuju?

La Nyalla Gubernur, Anang Hermansyah Wagub, Setuju?
Anang Hermansyah. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) membuka peluang munculnya poros ketiga dalam Pilgub Jatim 2018. Duet La Nyalla Mattalitti dan Anang Hermansyah menjadi salah satu opsi.

Dua partai tersebut diketahui sedang intens berkomunikasi membahas sosok yang tepat untuk diusung sebagai calon gubernur maupun calon wakil gubernur. Di sisi lain, meski disebut-sebut bakal gabung dengan poros ketiga, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mulai merapat ke pasangan calon Saifullah Yusuf atau Gus Ipul dan Abdullah Azwar Anas.

Gerindra dan PAN bila bergabung memang sudah bisa mengusung calon sendiri. Kursi mereka di DPRD Jatim telah memenuhi syarat itu. Gerindra punya 13 kursi, sedangkan PAN 7 kursi. Jumlah 20 kursi tersebut pas untuk memenuhi syarat minimal sebuah parpol atau gabungan parpol dalam mengajukan pasangan dalam Pilgub Jatim.

Sekretaris Jenderal DPP PAN Eddy Soeparno menyatakan, sampai saat ini PAN masih tetap pada posisi menghendaki adanya poros baru di Pilgub Jatim. PAN tidak ingin ikut-ikut gerbong yang sudah ada, kendati dua pasangan calon yang ada (Siafullah Yusuf-Abdullah Azwar Anas) dan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak) disebut-sebut memiliki elektabilitas tinggi.

"Kami ingin menghiasi Pilgub Jatim dengan menjajaki pembentukan poros baru, agar warga Jatim diberikan calon pilihan calon yang lebih beragam,” ujarnya kepada Jawa Pos, Kamis (23/11) kemarin.

Eddy menyebut, PAN menawarkan tiga kader unggulan mereka di Jatim. Yakni Bupati Bojonegoro Suyoto, mantan Bupati Lamongan Masfuk, dan anggota DPR RI asal Jember yang juga musisi Anang Hermansyah. Tiga kandidat itu ditawarkan untuk dipasangkan dengan kandidat dari parpol lain. Namun, yang paling intensif diajak komunikasi saat ini adalah dengan Partai Gerindra.

"Kami masih diskusi dengan teman-teman Gerindra untuk memformulasikan paslon yang muda, memiliki gagasan progresif dan mampu merangkul seluruh elemen kelompok dan masyarakat Jatim,” ujarnya.

Gerindra juga memiliki pemikiran yang sama dengan PAN. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Arief Puyuono menyatakan bahwa pihaknya memastikan akan membentuk poros ketiga di Pilgub Jatim. ”Gerindra akan membentuk poros emas bersama PAN dan PKS, untuk mengajukan calon sendiri,” kata Arief kepada Jawa Pos.

Gerindra dan PAN buka kemungkinan poros ketiga di Pilgub Jatim. Salah satu opsi yang muncul adalah duet La Nyalla dan Anang Hermansyah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News