Laboratorium Klinik Cito Buka Layanan Pemeriksaan Farmakogenomik, Sebegini Biayanya

Laboratorium Klinik Cito Buka Layanan Pemeriksaan Farmakogenomik, Sebegini Biayanya
CEO Laboratorium Klinik Cito dr Haryadi Ibnu Junaedi memperkenalkan layanan terbarunya berupa pemeriksaan farmakogenomik. Foto: Dokumentasi Laboratorium Klinik Cito

jpnn.com, SEMARANG - Laboratorium Klinik Cito memperkenalkan layanan terbarunya untuk pemeriksaan farmakogenomik.

Farmakogenomik merupakan bentuk pengobatan informasi gen atau protein untuk mencegah, mendiagnosis atau mengobati penyakit.

Tak hanya itu, CEO Laboratorium Klinik CITO dokter Haryadi Ibnu Junaedi SpB menjelaskan farmakogenomik merupakan contoh penting dalam bidang precision medicine yang bertujuan menyesuaikan tata laksana medis untuk setiap orang atau sekelompok orang, dan melihat DNA mempengaruhi cara merespons obat.

"Dalam beberapa kasus, DNA dapat mempengaruhi apakah memiliki reaksi buruk terhadap obat atau apakah obat itu membantu atau tidak," kata dr Haryadi.

Pemeriksaan farmakogenomik yang menjadi layanan terbaru pada laboratorium yang berdiri sejak 10 April 1967 dan telah memiliki 21 cabang di Indonesia juga bermanfaat untuk mengetahui obat yang tepat dan aman untuk dikonsumsi.

Pemeriksaan ini juga membantu dokter dalam menemukan obat yang paling cocok untuk pasiennya.

Dokter Haryadi menjelaskan berdasarkan sifat fisiknya, secara antropologis, manusia digolongkan dalam berbagai suku dan ras.

Penggolongan ini didasarkan atas perbedaan parameter morfologis yang antara lain terdiri dari warna kulit, warna dan tekstur rambut, tinggi badan, dan sebagainya.

Laboratorium Klinik Cito memperkenalkan layanan terbarunya berupa pemeriksaan farmakogenomik, sebegini biayanya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News