Lafal Azan di Masjid-masjid Serukan Agar Salat di Rumah

Lafal Azan di Masjid-masjid Serukan Agar Salat di Rumah
Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah di Kota Batam, Kepulauan Riau. Foto: Antara/Naim

jpnn.com, BATAM - Ada yang berbeda dengan suara azan yang dikumandangkan di masjid-masjid di Kota Batam, Kepulauan Riau, Rabu (25/3). Azan menyerukan agar jemaah salat di rumah.

Seperti yang terdengar dari Masjid Agung Batam dan Masjid Al Kautsar Taman Sari, yang mengubah lafal azan pada hari ini, yang artinya meminta warga untuk salat di rumah.

Sebelum mengumandangkan azan, pengurus masjid juga meminta warga untuk tidak datang dan menggelar salat berjemaah.

"Salat jemaah di masjid ditiadakan untuk sementara waktu mulai hari ini. Ini untuk mengantisipasi COVID-19, dimohon jemaah untuk tidak salat berjemaah di masjid," kata pengurus masjid Al Kautsar melalui pengeras suara masjid.

Jemaah diminta menggelar salat berjemaah di rumah masing-masing.

Hal itu juga sesuai dengan Surat Edaran Wali Kota Batam Muhammad Rudi tentang imbauan penanggulangan dan pencegahan penyebaran COVID-19 di masjid dan musala.

Dalam surat itu, Wali Kota mewajibkan semua orang untuk ikhtiar menjaga kesehatan dan menjauhi setiap hal yang dapat menyebabkan terpapar COVID-19.

Wali Kota mengimbau tidak menyelenggarakan salat Jumat sampai keadaan menjadi normal dan tidak melaksanakan aktivitas dengan melibatkan orang banyak yang diyakini dapat menjadi media penyebaran COVID-19, seperti pengajian umum dan majelis taklim.

Azan yang dikumandangkan di masjid-masjid di Kota Batam menyerukan agar jemaah salat di rumah untuk mengantisipasi Corona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News