Lagi Diet? Waspadai Orthorexia Nervosa

Lagi Diet? Waspadai Orthorexia Nervosa
Lagi Diet? Waspadai Orthorexia Nervosa
JIKA waktu anda hanya dihabiskan dengan berpikir tentang bentuk ideal tubuh, sementara anda sudah merasa diet dengan benar, maka bisa jadi anda menderita Orthorexia Nervosa. Ini adalah sebuah penyakit di mana orang melihat diet mereka sebagai cara untuk membersihkan diri. Mereka melakukan diet yang sangat ekstrim yang akhirnya mempengaruhi kondisi mental mereka.

"Bagi sebagian orang, makan  yang benar terkadang menyakiti mereka, yang mengakibatkan mereka melakukan diet yang sangat ekstrim. Diet ini  tidak hanya menyebabkan mereka kehilangan nutrisi penting bagi tubuh, tetapi juga membahayakan kesehatan mereka secara keseluruhan, baik mental maupun sosial," kata Dr.Steve Bratman, penulis buku Health Food Junkies, menurut laman Times of India, Minggu ( 5/5).

Sebuah studi yang dilakukan di University of Roma melaporkan bahwa dari 400 siswa yang disurvei, hampir 7 persen mahasiswa di universitas tersebut menderita Orthorexia.

"Gejala Ortohorexia  dimulai dengan keinginan untuk mengatasi penyakit kronis atau untuk meningkatkan kesehatan secara umum. Seiring waktu, orang-orang mulai memblacklist makanan tertentu.  Mereka menentukan apa yang harus  mereka makan dan seberapa banyak makanan yang mereka makan, " kata Bratman lebih lanjut.

JIKA waktu anda hanya dihabiskan dengan berpikir tentang bentuk ideal tubuh, sementara anda sudah merasa diet dengan benar, maka bisa jadi anda menderita

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News