Lagi, Pemerintah Klaim Turunkan Kemiskinan

Lagi, Pemerintah Klaim Turunkan Kemiskinan
Lagi, Pemerintah Klaim Turunkan Kemiskinan
JAKARTA- Pemerintah kembali mengklaim berhasil menurunkan angka kemiskinan secara bertahap. Penurunan ini disebut imbas dari semakin terbukanya lapangan pekerjaan dan berbagai program pro rakyat yang dikeluarkan pemerintah.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo menjelaskan, pada Maret 2009 tingkat kemiskinan tercatat 14,1 persen atau 32,5 juta dari sekitar 250 juta penduduk Indonesia. Angka ini lebih rendah dibandingkan Maret 2008 yakni sebesar 15,4 persen atau 34,9 juta orang.

"2010 angka kemiskinan turun menjadi 13,3 persen dan pada tahun 2011 ini, tingkat kemiskinan kita perkirakan turun menjadi 11,5-12,5 persen," kata Agus.

Namun menurun pengamat ekonomi Faisal Basri, pemerintah tidak bisa mengklaim sukses menurunkan angka kemiskinan. Karena pada dasarnya bila dibandingkan dengan jumlan penduduk Indonesia, angka itu masih sangat besar. Lagipula, tingkat pengangguran terbuka Indonesia juga masih besar, seiring dengan meningkatnya jumlah para pencari kerja.

JAKARTA- Pemerintah kembali mengklaim berhasil menurunkan angka kemiskinan secara bertahap. Penurunan ini disebut imbas dari semakin terbukanya lapangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News