Kamis, 22 November 2018 – 17:52 WIB

Piala Indonesia 2010

Lagi, Sriwijaya FC Juaranya!

Senin, 02 Agustus 2010 – 05:22 WIB
Lagi, Sriwijaya FC Juaranya! - JPNN.COM

Arema vs SFC di final Piala Indonesia di Stadion Manahan Solo, 01/08/10. Foto: Farid Fandi/Jawa Pos

TIM Sriwijaya FC akhirnya berhasil mencetak hat trick gelar Piala Indonesia. Tim berjuluk Laskar Wong Kito tersebut berhasil mengalahkan Arema Indonesia dalam final yang sangat berat di Stadion Manahan, Solo, Minggu (1/8) malam tadi.

Ponaryo Astaman dkk unggul terlebih dulu melalui tandukan Keith Kayamba Gumbs di menit ke-48. Tapi, gelandang Singo Edan - julukan Arema - M Ridhuan berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-71. Gol penentu Sriwijaya akhirnya hadir di menit ke-79, setelah Pavel Solomin lepas dari jebakan offside dan bebas menceploskan bola ke gawang Kurnia Meiga.

Gol tersebut membuat bek Arema Irfan Raditya berang. Dia beranggapan bahwa Pavel dalam posisi offside. Tapi, sebenarnya bukan hanya itu protes keras yang dilakukan kubu Arema pada wasit Jimmy Napitupulu. Satu menit kemudian, pelatih Robert Alberts tampak meluap-luap memprotes Jimmy di pinggir lapangan. Ketika itu, back pass dilakukan Sriwijaya sementara Jimmy tak menyemprit kejadian itu. Justru Robert diganjar kartu kuning karena protes terlalu keras.

"Ini pertandingan yang sangat melelahkan, selamat untuk Sriwijaya sebagai tim terbaik di Piala Indonesia. Jika tim kami bermain dengan 11 orang, tentu akan lain ceritanya," terang Robert setelah pertandingan. Dia mengatakan bahwa tim yang 11 Agustus depan berulang tahun ke-23 itu tidak bisa tampil maksimal karena hanya memiliki 10 pemain di lapangan sejak menit ke-19.

Sejak kehilangan penyerang asal Singapura, Noh Alam Shah, daya gedor Arema memang menurun drastis. Kartu merah tersebut diberikan setelah Along - sapaan Noh Alam Shah - mengangkat kaki terlalu tinggi ke arah Precious Emuejeraye. Sebelumnya, dua pemain yang juga penghuni timnas Singapura itu saling bersitegang.

"Ini hasil yang sangat indah. Kami bermain hati-hati dan berhasil memainkan emosi pemain Arema," tutur Rahmad. Sejak unggul dalam jumlah pemain, Sriwijaya yang sebelumnya lebih banyak ditekan memang justru lebih leluasa menekan balik.

Kondisi tersebut juga terjadi babak kedua, hingga membuat Sriwijaya lebih menguasai pertandingan. Mereka pun lebih terorganisasi ketika menekan pertahanan Arema. "Saya bangga bisa mempersembahkan gelar Piala Indonesia bagi Sriwijaya untuk ketiga kalinya," ujar Rahmad yang mantan arsitek Persipura itu.

Namun lebih lanjut, Rahmad mengatakan bahwa laga kemarin merupakan pertandingan terakhirnya bersama Sriwijaya. Sebab, kontraknya bersama tim asal Palembang itu tak diperpanjang lagi. "Klub mana yang akan saya tuju, kabarnya akan datang tiga atau empat hari ke depan," tuturnya. (dra/uan/ito/jpnn)

Juara Copa (Piala) Indonesia
-2005: Arema Malang
-2006: Arema Malang
-2007: Sriwijaya FC
-2008/2009: Sriwijaya FC
-2010: Sriwijaya FC

Pencetak Gol Terbanyak
-2005: Javier Roca (PSM Madiun) - 11 gol
-2006: Emaleu Serge (Arema Malang) - 9 gol
-2007: Albeto Goncalves da Costa (Persipura Jayapura) - 6 gol
-2008/2009: Samsul Arif (Persibo Bojonegoro) & Pablo Frances (Persijap Jepara) - 8 gol
-2010: Cristian Gonzales (Persib) - 10 gol

Pemain Terbaik
-2005: Firman Utina (Arema Malang)
-2006: Aris Budi Prasetyo (Arema Malang)
-2007: Bambang Pamungkas (Persija Jakarta)
-2008/2009: Anoure Obiora (Sriwijaya FC)
-2010: Keith Kayamba Gumbs (Sriwijaya FC)
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar