Lagu Miley Cyrus dan Timberlake bisa Membuat Siswa Lebih Pintar

Lagu Miley Cyrus dan Timberlake bisa Membuat Siswa Lebih Pintar
Ilustrasi

jpnn.com - TERLEPAS dari kontroversi yang dibuat mantan artis cilik, Miley Cyrus di panggung Video Music Awards 2013 yang kala itu membawakan hitnya We Can't Stop, sebuah studi mengklaim lagu tersebut membuat pendengarnya menjadi lebih pandai.

Seorang psikolog dan pakar terapi perilaku kognitif dari The British CBT and Counselling Service di London Dr Emma Gray, mengklaim mendengarkan sejumlah lagu pop seperti Mirrors milik Justin Timberlake atau We Can's Stop milik Miley Cyrus sambil belajar, dapat memberikan efek menenangkan pada pikiran sehingga membantu para siswa agar bisa berpikir logis.

Meski begitu, kedua hit tersebut tidak tergolong ke dalam lagu-lagu yang dapat membuat pikiran menjadi rileks. Tapi Dr. Gray percaya lagu-lagu bergenre pop dengan 50 hingga 80 ketukan per menit seperti We Can't Stop (Miley Cyrus) atau Mirrors (Justin Timberlake), mendorong otak bisa mempelajari dan mengingat fakta-fakta baru secara lebih mudah.

"Lagu-lagu pop dan rock, termasuk hit Firework yang dibawakan Katy Perry menyebabkan pendengarnya begitu excited hingga menambah performa kreatif mereka dalam mata pelajaran seperti Bahasa Inggris dan Seni," kata Dr. Gray, seperti dilansir laman Daily Mail, (23/9).

Selain itu, riset Dr. Gray juga menemukan siswa yang mendengarkan musik klasik dengan 60 hingga 70 ketukan per menit sambil belajar memperoleh nilai rata-rata 12 persen lebih baik ketika mengerjakan ujian matematika.

Sebab melodi dan rentang nada pada musik klasik seperti Fur Elise karya Beethoven dapat membantu siswa agar bisa belajar lebih lama dan menguasai lebih banyak informasi.

"Musik memberikan efek positif terhadap pikiran. Jadi mendengarkan musik yang tepat benar-benar dapat meningkatkan proses pembelajaran," kata Dr. Gray lebih lanjut.

Dr. Gray mencontohkan ketika mempelajari mata pelajaran yang mengandalkan logika seperti matematika, musik dapat membantu menenangkan pikiran dan menambah konsentrasi. Sedangkan untuk mata pelajaran yang berbau kreatif, musik dapat membantu merefleksikan emosi yang ingin diekspresikan para siswa.

TERLEPAS dari kontroversi yang dibuat mantan artis cilik, Miley Cyrus di panggung Video Music Awards 2013 yang kala itu membawakan hitnya We Can't

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News