Lahan Pertanian di Kota Tangerang Kian Sempit

Lahan Pertanian di Kota Tangerang Kian Sempit
Lahan Pertanian di Kota Tangerang Kian Sempit
TANGERANG – Dinas Pertanian memprediksi 10 tahun ke depan Kota Tangerang akan kehabisan lahan pertanian yang kini banyak beralih fungsi menjadi perumahan dan tempat usaha. Penyusutan lahan pertanian di daerah ini mencapai 100 hektar hingga 200 hektar setiap tahunnya.

Kepala Bidang Tanaman dan Holtikultura Dinas Pertanian Kota Tangerang, Irna Rudiana mengatakan, sejak tahun 2003 hingga saat ini, penyusutan lahan pertanian sudah mencapai setengah dari lahan yang awalnya ada.  ”Bila ini terus dibiarkan dan tidak ada campur tangan pemerintah, dalam sepuluh tahun ke depan areal persawahan di Kota Tangerang bukan tidak mungkin akan  habis,” kata Irna Rudiana.

Menurut Irna, pada tahun 2003 lalu jumlah lahan pertanian di Kota Tangerang berjumlah 1.627 hektar, kemudian di tahun 2011 ini jumlah telah menyusut hampir setengahnya menjadi 893 hektar saja.  Penyebab utama, banyaknya lahan pertanian yang beralih fungsi dikarenakan sektor ini dianggap kurang menghasilkan dibanding dengan usaha lainnya.

”Sektor pertanian dianggap sudah tidak menguntungkan. Pemilik lahan akan lebih senang menggunakan lahannya untuk kontrakan ataupun tempat usaha, karena untuk perputaran uangnya lebih cepat," beber Irna.

TANGERANG – Dinas Pertanian memprediksi 10 tahun ke depan Kota Tangerang akan kehabisan lahan pertanian yang kini banyak beralih fungsi menjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News