Lahan Tidur Soppeng Harus Dibangkitkan Untuk Pertanian

Lahan Tidur Soppeng Harus Dibangkitkan Untuk Pertanian
Tanam di sawah cetak baru di Soppeng. Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN

jpnn.com, SOPPENG - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman meninjau 100 hektar lahan siap tanam perdana cetak sawah baru di Desa Medde, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan.

Dia mengatakan, Soppeng termasuk wilayah yang dipersiapkan untuk menjadi salah satu pusat pertanian di Sulsel.

Terkait ini, Mentan juga memuji kinerja bupati, petani dan di jajaran TNI yang sudah bekerja keras membangkitkan pertanian di Kabupaten Soppeng tersebut.

"Kami bangga dengan kinerja keberhasilan beliau, bupati dan wakil bupati. Peningkatan produksi padi sangat baik. Sehingga kami bersama Mendes dan Mendikbud, Menteri PU, bersinergi mengangkat perekonomian Soppeng ini melalui gerakan sektor pertanian dengan membangun embung menanam komiditas strategis," ujar Amran usai melihat langsung penanaman padi perdana tersebut.

Dia meminta pemerintah setempat membangkitkan kembali lahan tidur yang belum dikerjakan agar maksimal untuk pertanian.

Petani di Soppeng diminta tidak hanya menanam padi tapi juga jagung sehingga bisa mengisi persediaan kebutuhan dalam daerah sendiri termasuk untuk nasional.

"Kami inginkan bangunkan lahan tidur melalui kemah bakti pertanian. Kita sama-sama ingin bangunkan petani tidur, bangunkan sumber daya yang masih tertidur. Isi semuanya, jangan biarkan kosong," tegas menteri asal Sulsel tersebut.

Kementerian Pertanian akan memberikan bantuan benih jagung dan tanaman lainnya termasuk peralatan-peralatan yang mendukung kerja petani di Soppeng.

Mentan minta semua berpartisipasi untuk bangkitkan lahan tidur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News