Lakukan 7 Cara Ini agar Bisa Tidur Nyenyak

Lakukan 7 Cara Ini agar Bisa Tidur Nyenyak
Ilustrasi tidur. Foto: Pixabay

jpnn.com - Jakarta Tidur nyenyak adalah awal mula dari aktivitas yang lancar. Sayangnya, tidak sedikit orang yang sulit untuk merasakan tidur nyenak. Bahkan, untuk memejamkan mata saja terasa sangat sulit. Apakah Anda salah satu yang juga mengalami hal ini?

Tenang, tidak perlu galau berlebih. Supaya Anda bisa tidur lebih nyenyak, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan:

1. Terpapar sinar matahari
Merasa kesulitan tidur di malam hari? Anda mungkin butuh lebih banyak terpapar cahaya di pagi. Fakta menyebut bahwa paparan cahaya sinar matahari pagi memainkan peran penting dalam meningkatkan produksi melatonin (hormon tidur) dalam tubuh. 

Untuk merasakan manfaat ini, Anda bisa berjalan santai selama 30 menit di pagi hari untuk mendapatkan melatonin secara maksimal. 

2. Meditasi
Latihan meditasi yang teratur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, dengan memperlambat pernapasan dan mengurangi kadar hormon stres. Anda bisa melakukan meditasi selama 45–60 menit setiap harinya. Jika Anda sedang disibukkan dengan pekerjaan, lakukanlah meditasi di malam hari sebelum pergi tertidur. 

3. Gunakan aromaterapi
Sebuah analisis yang dilakukan pada tahun 2011 menemukan kaitan yang cukup erat antara kualitas tidur dengan aromaterapi. Minyak aromaterapi lavender telah lama digunakan sebagai obat tradisional yang membantu merelaksasi pikiran dan membantu tidur lebih nyenyak. 

Lavender adalah jenis minyak esensial yang terbukti paling menenangkan dibandingkan lainnya.

4. Atur pencahayaan ruangan
Sulit tidur bisa dipengaruhi oleh pencahayaan yang ada pada ruang kamar Anda. Menurut dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter, saat tidur terjadi pengeluaran hormon melatonin. Fungsi utama hormon ini adalah membantu meningkatkan kualitas tidur dan mencegah terjadinya insomnia.

Sayangnya, tidak sedikit orang yang sulit untuk merasakan tidur nyenak. Bahkan, untuk memejamkan mata saja terasa sangat sulit. Apakah Anda salah satu yang juga mengalami hal ini?

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News