8 Cara Mengatasi Insomnia

8 Cara Mengatasi Insomnia
Tidur. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Anda pernah merasa sulit tidur di malam hari? Kondisi inilah yang dinamakan insomnia. Anda tidak sendiri, karena ada banyak orang lain yang mengalami ini. Cara mengatasi insomnia yang ditempuh setiap orang pun bisa berbeda-beda.  

Namun sebenarnya insomnia tidak hanya terbatas pada kondisi di mana seseorang sulit untuk tidur pada malam hari. Insomnia juga termasuk sering terbangun saat tidur dan bangun sebelum waktunya serta sulit kembali tidur.

Seseorang umumnya dikatakan mengalami insomnia apabila gangguan tidur ini terjadi selama satu bulan atau lebih. Selain itu insomnia bisa mengakibatkan memburuknya kualitas hidup seseorang akibat menurunnya kondisi fisik, terganggunya mood dan kinerja yang memburuk.

Lakukan ini saat mengalami insomnia
Jika Anda mengalami masalah tidur, ada beberapa hal yang dapat dicoba secara mandiri untuk mengatasinya. Terutama, berkaitan dengan kebiasaan tidur Anda.

1. Usahakan memiliki jadwal tidur yang sama setiap harinya
Memiliki jam tidur dan bangun yang sama setiap hari, walaupun sedang libur atau di akhir pecan bisa membantu Anda mengatasi insomnia. Walaupun durasi tidur yang cukup bagi setiap orang berbeda-beda, Anda disarankan untuk tidur setidaknya 7-8 jam setiap harinya.

2. Olahraga menjelang waktu tidur
Salah satu hal yang disarankan untuk mengatasi insomnia adalah berolahraga menjelang waktu tidur, karena membantu menciptakan tidur yang nyenyak. Anda dapat mencoba berolahraga pada sore hari atau beberapa jam sebelum waktu tidur.

3. Mendekati waktu tidur, usahakan melakukan aktivitas yang menenangkan
Anda bisa mencoba dengan mandi air panas, mendengarkan musik, meditasi, berdoa, dan lain sebagainya. Hindari aktivitas yang bersifat menstimulasi mendekati jam tidur.

Jika Anda mengalami kesulitan tidur ataupun terbangun dari tidur, tidak perlu memaksakan diri untuk segera kembali tidur. Cobalah keluar kamar dan melakukan aktivitas menenangkan, seperti membaca buku, hingga merasa mengantuk. Begitu mengantuk, segera kembali ke kamar tidur.

4. Ciptakan suasana kamar tidur yang nyaman
Kamar tidur anda juga memegang peranan penting dalam menjaga tidur Anda berkualitas. Coba pastikan kamar tidur nyaman, gelap dan memiliki suhu yang nyaman. Pakailah kamar tidur hanya untuk beristirahat. Jadi, jangan terbiasa bekerja atau menonton TV di kamar tidur.

Jika perubahan-perubahan di atas sudah Anda terapkan secara konsisten untuk mengatasi insomnia, namun tidak menunjukkan hasil, jangan ragu untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter. Anda mungkin juga memerlukan penanganan lebih lanjut apabila insomni

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News