Lakukan Aktivitas Ringan Selama 20 Menit Baik Bagi Pasien Jantung

Lakukan Aktivitas Ringan Selama 20 Menit Baik Bagi Pasien Jantung
ILUSTRASI. Gejala serangan jantung pada Perempuan. Foto: Laman MSN

jpnn.com - Sebagian besar dari kita sangat menyadari manfaat dan pentingnya melakukan latihan kardiovaskular, latihan ini sebenarnya adalah bagian inti dari gaya hidup pasien jantung.

Pasien jantung harus terlibat dalam aktivitas fisik ringan seperti berdiri atau berjalan dengan kecepatan biasa selama sekitar tujuh menit setelah duduk setiap 20 menit di depan komputer atau menonton televisi.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa menjadi tidak aktif untuk waktu yang lama bisa mempersingkat masa hidup, tetapi bergerak saat jam istirahat bisa mencegah risiko, terutama jika aktivitas itu bisa membakar lebih dari 770 kkal per hari.

Penelitian ini, yang dipresentasikan pada Canadian Cardiovascular Congress (CCC) di Toronto, menyelidiki berapa banyak waktu istirahat dan berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengeluarkan 770 kilokalori (kkal).

"Studi kami menunjukkan bahwa pasien jantung harus tidak aktif setiap 20 menit namun kemudian mereka harus melakukan aktivitas fisik ringan selama 7 menit," kata penulis studi, Ailar Ramadi dari University of Alberta, Edmonton, Canada, seperti dilansir laman India Times, Kamis (17/1).

Penelitian ini menyelidiki pasien dengan penyakit arteri koroner dan mempelajarinya selama lima hari berdasarkan tingkat aktivitas.

Aktivitas monitor mencatat jumlah energi yang dihabiskan selama waktu istirahat dari ketidakaktifan, jumlah waktu tidak aktif dan durasi istirahat selama setiap jam.

"Aktivitas sederhana seperti berdiri dan berjalan dengan kecepatan biasa akan menghabiskan lebih dari 770 kkal dalam sehari jika dilakukan dengan frekuensi dan durasi ini," Ramadi menambahkan.(fny/jpnn)


Aktivitas sederhana seperti berdiri dan berjalan dengan kecepatan biasa akan menghabiskan lebih dari 770 kkal dalam sehari jika dilakukan dengan frekuensi dan durasi ini.


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News