Pola Diet yang Salah Bisa Sebabkan Berat Badan Naik

Pola Diet yang Salah Bisa Sebabkan Berat Badan Naik
Berat Badan. Foto IST

jpnn.com - Setiap orang ingin memiliki berat badan ideal. Selain baik dari segi estetika, memiliki berat badan ideal juga baik untuk kesehatan Anda. Kelebihan berat badan berpotensi menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti penyakit jantung dan pembuluh darah.

Tahukah Anda bahwa salah satu penyebab peningkatan berat badan adalah pola makan yang salah? Pola makan yang salah bisa menghancurkan upaya penurunan berat badan yang telah lama Anda jalani. Apa saja pola makan yang salah yang justru bisa menyebabkan peningkatan berat badan?

1.Perhatikan makanan pencuci mulut Anda

Banyak orang menantikan makanan pencuci mulut. Namun, banyak yang tidak tahu bahwa makanan pencuci mulut dapat menyumbang jumlah kalori yang besar untuk tubuh Anda. Makanan pencuci mulut biasanya adalah makanan yang manis dan tinggi kalori. Anda bisa mencoba mengurangi asupan makanan manis dan menggantinya dengan hal lain yang lebih sehat. Misalnya, secangkir teh tawar hangat di akhir makan Anda.

2. Ketagihan camilan

Pernahkah Anda makan camilan dan lupa berapa banyak yang sudah Anda makan? Banyak orang yang mempersiapkan berbagai jenis camilan saat akan nonton atau sedang mengerjakan tugas. Camilan ini bisa berupa keripik kentang atau sebatang cokelat. Tanpa sadar, Anda sudah menghabiskan satu batang cokelat selama menonton acara favorit. Jadi, perhatikanlah camilan yang Anda makan, kurangi makan camilan manis dan tinggi kalori. Gantilah camilan Anda dengan camilan yang lebih sehat seperti buah-buahan.

3. Makanan yang diolah

Gula mengandung kalori yang dapat digunakan tubuh untuk mendapatkan energi, tapi gula tidak memiliki nutrisi penting. Kalori yang berlebihan dari konsumsi gula bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Salah satu makanan yang tinggi kandungan gula adalah makanan olahan.

Besar kemungkinan, Anda melakukan kebiasaan dan pola diet yang salah. Oleh karena itu, mari hidup sehat dengan pola diet yang tepat.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News