Diet Ini Bisa Selamatkan Hidup Anda dan Bumi

Diet Ini Bisa Selamatkan Hidup Anda dan Bumi
Ilustrasi. Seorang wanita sedang menghirup udara segar. Foto Women Healthy

jpnn.com - Pada umumnya, seseorang melakukan diet dengan mengurangi konsumsi daging merah, daging yang diproses, makanan kemasan, mentega, gorengan, produk susu tinggi lemak, telur, biji-bijian olahan, kentang, jagung, dan minuman manis.

Kalau saja semua orang di Bumi beralih ke diet yang konsumsi daging merah dan gulanya 50 persen lebih rendah serta lebih banyak makan sayur, buah, dan kacang-kacangan, sekitar 11,6 juta orang dapat terselamatkan dari kematian prematur setiap tahunnya sekaligus tanpa merusak Bumi. Ini tertuang dalam laporan studi terbaru yang dipublikasikan di jurnal medis “The Lancet”.

Tak hanya menyehatkan tubuh, diet tersebut juga dapat membantu menyelamatkan Bumi. Teorinya adalah dengan memaksa sektor pertanian beralih ke metode yang lebih berkelanjutan (sustainable) yang akan mengurangi polusi, serta kontribusi pemanasan gloal dan perubahan iklim yang lebih sedikit. 

Tim peneliti, yaitu komisi EAT-Lancet, terdiri atas 37 ahli dalam berbagai bidang, mulai dari nutrisi, agrikultur, ekonomi, kesehatan, dan pemerintah. Bersama-sama, mereka mempelajari permasalahan tersebut selama 3 tahun lamanya. Laporan yang mereka buat merekomendasikan perubahan radikal pada pola makan kebanyakan orang.

“Pola makan penduduk dunia ini harus berubah drastis,” kata salah satu anggota komisi, Dr. Walter Willett, ahli nutrisi dari Universitas Harvard dalam sebuah penyataan.

Perubahan global dalam diet dan produksi makanan diperlukan, karena 3 miliar orang di seluruh dunia berstatus mangalami malnutrisi. Kondisi tersebut termasuk kurang gizi (undernourished) maupun obesitas tapi kurang gizi (overnourished). Selain itu, produksi pangan melangkahi target lingkungan, mendorong perubahan iklim, kehilangan keanekaragaman hayati, dan menyebabkan polusi.

Diet yang direkomendasikan

Untuk bisa sehat, diet harus punya jumlah asupan kalori yang tepat meliputi: berbagai makanan nabati (plant-based), jumlah rendah makanan hewani, lemak tak jenuh alias unsaturated fat (bukan lemak jenuh atau saturated fat), biji-bijian, makanan olahan, dan tambahan gula. Rentang asupan kelompok makanan yang dianjurkan memungkinkan fleksibilitas untuk mengakomodasi beberapa jenis makanan, sistem agrikultura, tradisi budaya, serta preferensi diet individu (termasuk diet omnivora, vegetarian, dan vegan).

Dengan panduan 2.500 kalori per hari, contoh lengkap diet yang direkomendasikan yaitu:

Semuanya harus didukung dengan aturan yang jelas serta semangat dan perilaku yang juga mendukung perubahan ke arah yang lebih baik.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News