Lalare Orchestra Banyuwangi Raih Penghargaan Dunia Kategori Heritage

Lalare Orchestra Banyuwangi Raih Penghargaan Dunia Kategori Heritage
Ist for jpnn.com

jpnn.com - BANYUWANGI –  Kelompok kesenian Lalare Orchestra dari Kabupaten Banyuwangi berhasil meraih penghargaan tingkat dunia dari Pasific Asia Travel Association (PATA). Penghargaam  kategori heritage and culture. Penghargaan diserahkan di sela-sela acara PATA Travel Mart di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Banten, Jumat (9/9). 

Acara tersebut diikuti seribu delegasi pariwisata dari 60 negara. PATA sendiri adalah asosiasi pariwisata yang terdiri atas 970 organisasi/entitas kepariwisataan, 100 maskapai penerbangan, 150 institusi pendidikan/universitas/pusat kajian pariwisata,  dan ribuan perusahaan pariwisata.

Ketua Dewan Kesenian Blambangan (DKB) Samsudin Adlawi mengatakan, Lalare Orchestra adalah kelompok musik yang berisi lebih dari 100 anak dari berbagai sekolah dari tingkat SD hingga SMP di Banyuwangi. 

Mereka memainkan beragam alat musik khas, seperti gendang, rebana, dan angklung, yang diorkestrasikan dalam paduan yang menarik. “Musik ini mengangkat marwah musik-musik Banyuwangi, dangdut, jazz, dan  pop lewat genre alat musik etnik ini,” ujar Samsudin.

Kelompok ini telah bermain dalam Banyuwangi Festival 2015, dan tahun ini bakal kembali tampil di ajang Festival Mainan Anak dan Lalare Osing Concert pada 24 September 2016. 

”Lalare Orchestra adalah jawaban bagi regenerasi pelaku seni musik tradisi di Banyuwangi. Tentu penghargaan level dunia ini meneguhkan semangat kami bahwa yang berbau tradisi sebenarnya bisa bersaing di level global, tidak kalah dengan kemasan modern,” ujar Samsudin.

Samsudin menambahkan, inisiatif untuk melestarikan sekaligus mengembangkan musik tradisi melalui sinergi banyak pihak tersebut menjadi pendorong iklim berkesenian di Banyuwangi. Sanggar-sanggar seni hidup. 

Di sejumlah ruang publik, secara terjadwal anak-anak berlatih bermacam kesenian, mulai dari seni musik hingga tari. Mereka berlatih didampingi para instruktur yang tak lain adalah para pelaku seni yang bernaung di DKB.

BANYUWANGI –  Kelompok kesenian Lalare Orchestra dari Kabupaten Banyuwangi berhasil meraih penghargaan tingkat dunia dari Pasific Asia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News