Lambat Diverifikasi, Masalah Buruh Tak Pernah Usai

Lambat Diverifikasi, Masalah Buruh Tak Pernah Usai
Lambat Diverifikasi, Masalah Buruh Tak Pernah Usai
JAKARTA — Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) dinilai sangat lamban dalam melakukan verifikasi data Serikat pekerja yang ada di seluruh Indonesia. Padahal, usulan verifikasi tersebut merupakan hasil rapat Tripartit antara pihak pemerintah, pengusaha dan serikat pekerja setahun yang lalu.

“Di dalam rapat Tripartit sejak setahun yang lalu sudah disarankan agar pemerntah segera melakukan verfikasi data serikat pekerja. Tapi, sampai sekarang ini belum ada juga hasilnya,” ungkap Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi di Gedung Kemenakertrans, Jakarta, Senin (30/10).

Sofjan mengatakan harusnya saat ini sudah ada pemetaan tenaga kerja sebagai tindak lanjut dari verifikasi data serikat pekerja atau buruh yang ada di seluruh Indonesia. “Jadi nanti dapat diketahui, serikat pekera mana saja yang resmi atau tidak. Karena selama ini, sudah begitu banyak serikat pekerja atau buruh yang berkembang di daerah,” terang Sofjan.

Ketua DPP Serikat Pekerja Nasional (SPN), Djoko Heriyono menambahkan, verifikasi ini akan dijadikan tolok ukur bagi pemerintah dan masyarakat untuk menilai kelayakan serikat pekerja. Termasuk kata dia, jika ada anggota salah satu Serikat Pekerja melanggar aturan, pemerintah juga bisa menentukan tindakan dan sanksi.

JAKARTA — Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) dinilai sangat lamban dalam melakukan verifikasi data Serikat pekerja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News