Lanal Banyuwangi Gelar Operasi Lilin Semeru 2019

Lanal Banyuwangi Gelar Operasi Lilin Semeru 2019
Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Yulius Azz Zainal dan Kapolres Banyuwangi AKBP Arman Asmara S memimpin apel gelar pasukan operasi lilin Semeru 2019. Foto: Dispen Lantamal V

jpnn.com, BANYUWANGI - Dalam rangka pengamanan perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Banyuwangi, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banyuwangi, Lantamal V menggelar Apel Gelar Operasi Lilin Semeru 2019 yang dilaksanakan di Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi, Jumat (20/12).

Selain pasukan, Lanal Banyuwangi juga menyiagakan beberapa peralatan berupa sekoci karet, bus, truck, ambulance dan KAL (Kapal Angkatan Laut) Tabuan serta KRI yang nantinya akan melaksanakan patroli pengamanan di Selat Bali.

“Patroli ini akan berlanhsung secara berkesinambungan selama perayaan Nataru berlangsung," ungkap Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Yulius Azz Zainal.

Apel gelar operasi lilin semeru 2019 dipimpin Kapolres Banyuwangi AKBP Arman Asmara S membacakan amanat Kapolri Jendral Polisi Idham Aziz mengatakan bahwa berdasarkan prediksi terdapat 12 potensi kerawanan yang harus diantisipasi. Yaitu aksi terorisme, kejahatan konvensional, kemacetan lalu lintas, kecelakaan transportasi, aksi penolakan peribadatan, kenaikan harga sembako, konflik sosial, tawuran, bencana alam, balap liar, dan kebakaran akibat petasan, serta pesta narkoba ataupun minuman keras.

“Berkaitan dengan hal tersebut harus dapat bersinergi dengan stakeholder terkait untuk menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan menerapkan strategi yang tepat guna mengantisipasi berbagai potensi gangguan yang ada sesuai dengan karakteristik kerawanan masing-masing daerah,” katanya.

Apel diikuti oleh unsur TNI - Polri, Satpol PP, BPBD Banyuwangi, Pam Pelabuhan ASDP, DLAJR, Pramuka dan Pam Swadaya Masyarakat Banyuwangi.

Pada apel gelar tersebut dihadiri unsur Forkopimda Banyuwangi, Bupati diwakili Wabub, Dandim 0825 Banyuwangi, Danlanal Banyuwangi, Kajari, Kepala Pelabuhan ASDP Banyuwangi dan SKPD Banyuwangi serta stakeholder terkait.

Pada kesempatan itu, Forkopimda Banyuwangi melaksanakan pemusnahan miras hasil operasi lilin Semeru 2019, kemudian melaksanakan sidak ke kapal veri.(fri/jpnn)

Lanal Banyuwangi menggelar Apel Gelar Operasi Lilin Semeru 2019 di Pelabuhan ASDP Ketapang, Banyuwangi, Jumat (20/12).


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News