Lanal Ranai Evakuasi Kapal Yatch Berbendera Malaysia

Lanal Ranai Evakuasi Kapal Yatch Berbendera Malaysia
Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai berhasil mengevakuasi Kapal Yatch Fukumaru yang mengalami kerusakan mesin di Perairan Midai, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Kamis (24/5) pekan lalu. Foto: Dispen Koarmada I

jpnn.com, NATUNA - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai berhasil mengevakuasi Kapal Yatch Fukumaru yang mengalami kerusakan mesin di Perairan Midai, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Kamis (24/5) pekan lalu.

Informasi dan berita kecelakaan Kapal Yatch Fukumaru merupakan hasil komunikasi antara Basarnas Natuna dan Basarnas Daerah yang telah berkoordinasi dengan Gugus Tempur Laut (Guspurla) Armada I dan Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Armada I, berkaitan dengan unsur gelar Koarmada I yang ada di dekat lokasi kejadian.

Kronologis kejadian berawal dari laporan Basarnas Daerah Natuna ke Puskodal Mako Lanal Ranai tentang adanya kejadian kerusakan mesin yang menimpa Kapal Yatch Fukumaru di Perairan Midai, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Rabu (23/5) sore, yaitu pada posisi 02.56.472 N 107.391.

Pihak Basarnas meminta pihak TNI AL untuk membantu melakukan SAR dan evakuasi. Dari informasi tersebut maka Danlanal Ranai berkoordinasi dengan Koarmada I untuk melaksanakan bantuan pencarian melalui aset KRI dan pesawat patroli maritim TNI AL.

Selanjutnya, Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setyawan menerima perkembangan informasi dari Kabasarnas bahwa tiga orang crew Kapal Yacht Fukumaru tersebut telah dievakuasi oleh MT. Semeru kapal berbendera Malta yang melintas di sekitar lokasi kejadian. Selanjutnya, ketiga crew kapal yacht tersebut dievakuasi menuju Malaka Malaysia.

Sementara untuk Kapal Yacht Fukumaru dilepas di lokasi kejadian dengan kondisi terapung-apung di laut.

Komandan Lanal Ranai menerima laporan penemuan Kapal Yatch Fukumaru dari seorang nelayan bernama Amrizal Muktar. Nelayan itu menemukan kapal layar tanpa awak di Perairan Midai serta hasil pencarian yang dilaksanakan oleh unsur Udara Pesawat patroli maritim TNI AL Cassa U-618 BKO Guspurla Koarmada I, Kamis (24/5) pagi.

Menindaklanjuti laporan tersebut, Komandan Lanal Ranai segera memerintahkan Personel Posal Midai yang berlokasi sekitar 20 NM dari lokasi kejadian untuk melakukan SAR dan evakuasi terhadap Kapal Yatch Fukumaru.

Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai berhasil mengevakuasi Kapal Yatch Fukumaru yang mengalami kerusakan mesin di Perairan Midai, Kabupaten Natuna, Kepri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News