Landasan Basah Belum Tentu Sebabkan Pesawat Tergelincir

Landasan Basah Belum Tentu Sebabkan Pesawat Tergelincir
Landasan Basah Belum Tentu Sebabkan Pesawat Tergelincir
JAKARTA –  Pengamat penerbangan Dudi Subagyo, menyatakan bahwa banyak faktor yang dapat mengakibatkan tergelincirnya Lion Air di Bandara Supadio, Pontianak, Kamis (1/11). Namun menurutnya, pilot tentu sudah mengetahui kondiai landasan yang basah.

 

Menurut Dudi, sudah seharusnya ketika kondisi hujan di bandara maka pilot sudah mengetahui ada aqua planning di landasan pacu. “Pilot harusnya sudah tahu bagaimana harusnya pendaratan,” tegasnya menjawab JPNN, Sabtu (3/11).

       

Seperti diketahui, Pesawat Lion Air JT-716 tergelincir di Bandar Udara Supadio, Kubu Raya, Kalimantan Barat, Kamis (1/11). Pesawat tersebut membawa 166 penumpang.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Pesawat sudah berhasil dievakuasi dari bandara, Jumat (2/11) pukul 18.00. Insiden ini bukan pertama kalinya di Supadio. Pada Juni 2012 dan Oktober 2012 pesawat Sriwijaya Air juga tergelincir saat akan mendarat di Supadio.

       

JAKARTA –  Pengamat penerbangan Dudi Subagyo, menyatakan bahwa banyak faktor yang dapat mengakibatkan tergelincirnya Lion Air di Bandara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News