Landasan Pacu Abdulrachman Dipolemikkan

Landasan Pacu Abdulrachman Dipolemikkan
Landasan Pacu Abdulrachman Dipolemikkan
MALANG - Perbaikan landasan di Bandara Abdulrachman Saleh tampaknya akan menjadi polemik yang berkepanjangan. Pasalnya, saat ini masih ada 113 kerusakan ringan yang belum tersentuh perbaikan. Pemprov Jatim sendiri terkendala dana untuk memperbaiki 113 titik tersebut. Sementara Lanud Abdulrachman Saleh menyarankan agar perbaikan dilakukan secara menyeluruh agar tidak terulang kasus buka tutup bandara seperti sekarang ini.

Kepala Bakorwil III Malang Zarkasi mengatakan, biaya sebanyak Rp 130 juta yang dianggarkan untuk perbaikan kemarin sudah habis. Dana itu untuk 20 titik sesuai yang direkomendasikan tim verifikasi Departemen Perhubungan (Dephub). "Biaya perbaikan landasan pacu yang jenis kerusakannya sedang ataupun ringan masih harus menunggu rapat koordinasi lagi dengan semua pihak,'' kata Zarkasi, yang menjadi juru bicara perbaikan Bandara Abdulrachman Saleh.

Zarkasi menjelaskan bahwa rapat itu sedianya akan digelar dalam waktu dekat dan melibatkan perwakilan muspida Malang Raya, dan Dishub Pemprov Jatim. Sementara Lanud Abdulrachman Saleh dan Bakorwil III akan menjadi mediator di pertemuan itu.

Tentang besarnya biaya perbaikan tambahan terhadap 113 titik, Zarkasi tidak bisa menjawabnya. "Itu masalah teknis. Nanti akan dihitung oleh tim yang memiliki kompetensi di bidangnya,'' kata mantan Bakorwil Madiun ini. Namun, di berharap kepedulian muspida untuk ikut memikirkan dan berbuat dalam proses perbaikan landasan pada tahap berikutnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News