Langkah Erick Thohir Hilirisasi Ekonomi Digital Dapat Kembangkan Produk Lokal

Langkah Erick Thohir Hilirisasi Ekonomi Digital Dapat Kembangkan Produk Lokal
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesia ICT Institute Heru Sutadi menilai langkah Menteri BUMN Erick Thohir yang akan menerapkan hilirisasi ekonomi digital sangat bagus untuk meningkatkan perkembangan produk dalam negeri dan menghentikan impor.

Heru menjelaskan maksud dari hilirisasi sendiri agar market ekonomi bisa dimanfaatkan oleh bangsa sehingga dapat menyetop impor.

Sejauh ini, dari data yang ada kebanyakan produk yang berkembang di masyarakat 90 persennya impor dan hal tersebut akan menjadi masalah utama bagi perkembangan produk lokal untuk bersaing dengan produk impor.

“Oleh karena itu, pemikiran yang bagus Menteri Erick Thohir untuk hilirisasi ekonomi digital untuk menghentikan impor. Nah, semoga upaya Menteri Erick kali ini bisa menjadi kenyataan,” kata Heru Sutadi, Rabu (19/1).

Menurut Heru, keputusan menerapkan ekonomi digital di Indonesia bisa menghadirkan kesejahteraan dan kemajuan bagi masyarakat lewat penyediaan produk dan jasa yang disediakan dalam ekonomi digital.

“Yang jelas pengembangan ekonomi digital di Indonesia harus dapat membawa kesejahteraan, dan kemajuan bagi rakyat Indonesia, sehingga produk dan jasa yang disediakan dalam ekonomi digital harus mampu menggerakan kita semua, sehingga memberikan kontribusi bagi ekonomi negara dan kesejahteraan kita semua,” ucap Heru.

Sejauh ini, kata Heru masyarakat Indonesia hanya menjadi penikmat produk dari luar negeri. Padahal, produk-produk dalam negeri jauh lebih bagus dari yang diimpor.

“Salah satu faktor tentunya adalah semua produk atau setidaknya mayoritas produk dan jasa harus dari dalam negeri seperti e-commerce kan kita masih prihatin,” jelasnya.

Direktur Eksekutif Indonesia ICT Institute Heru Sutadi menilai langkah Menteri BUMN Erick Thohir yang akan menerapkan hilirisasi ekonomi digital sangat bagus untuk meningkatkan perkembangan produk dalam negeri dan menghentikan impor.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News