Potensi Business Super-ecosystem Perkuat Ekonomi Digital UMKM

Potensi Business Super-ecosystem Perkuat Ekonomi Digital UMKM
Pelatihan UMKM. Foto: Bhinneka

jpnn.com, JAKARTA - Bhinneka sebagai pionir e-commerce di Indonesia secara proaktif melakukan transformasi digital dengan membangun business super-ecosystem.

Sepanjang 2021, Bhinneka mencatatkan sejumlah kontribusi terhadap ekonomi digital di segala segmen pelaku bisnis dan instansi, baik dari UMKM, akademisi, asosiasi, perusahaan swasta, hingga pemerintah kota.

Usaha mikro kecil menengah (UMKM) menjadi salah satu segmen yang menjadi perhatian Bhinneka karena potensi kontribusinya yang integral pada ekonomi Indonesia.

Bersama Pemkot Mojokerto, Ternate, dan Surakarta, Bhinneka membangun mini marketplace yang menjadi wadah UMKM lokal mengakselerasi transformasi digital, dan memasuki ranah ekonomi formal .

Melalui kerja sama ini, Bhinneka mempermudah pengadaan barang dan jasa melalui layanan e-Procurement, termasuk juga untuk produk UMKM lokal melalui platform Bela Pengadaan.

Seperti yang tercatat di situs Bela Pengadaan, Bhinneka berada di posisi 5 besar mitra pemerintah dengan total nilai transaksi mencapai Rp513.797.861 (per 24 Desember 2021).

Sementara itu, tingkat kesuksesan pengadaan barang dan jasa pemerintah yang dilayani oleh Bhinneka mencapai 87%.

Angka tersebut turut menyumbang keseluruhan nilai transaksi Bhinneka untuk pengadaan barang dan jasa, serta kategori produk Maintenance, Repairs, and Operations (MRO) bagi pemerintah, swasta, dan usaha lain.

Potensi business super-ecosystem memperkuat ekonomi digital di segala segmen UMKM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News