JPNN.com

Langkah Iwan Bule Agar Indonesia Bisa Tembus Ranking 150 FIFA

Selasa, 25 Februari 2020 – 21:07 WIB Langkah Iwan Bule Agar Indonesia Bisa Tembus Ranking 150 FIFA - JPNN.com
Mochamad Iriawan alias Iwan Bule. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum PSSI M Iriawan memiliki target untuk menaikkan peringkat Indonesia di ranking FIFA yang kini di posisi ke-173 menjadi 150 di akhir tahun nanti. Untuk memenuhi target tersebut, Ketum yang biasa dipanggil Iwan Bule tersebut mengincar lawan dari benua Afrika sebagai lawan uji tanding resmi FIFA.

Lawan yang dipilih dari negara-negara Afrika dipilih karena secara peringkat rata-rata berada di atas Indonesia, dengan begitu, target mengangkat rangking FIFA bakal mudah dilakukan.

"Saya memang beda persepsi dengan Shin Tae Yong. Senior kan sudah selesai (di kualifikasi Piala Dunia 2022, red), tetapi dia bilang Timnas Senior bergengsi di antara timnas lainnya. Dengan dipegangnya, dia berharap ranking bisa naik," ujar Iwan Bule, di Jakarta, Selasa (25/2)

Untuk mewujudkan target rangking naik, bukan waktunya lagi melawan tim-tim yang secara peringkat berada di bawah Indonesia. Sebab, secara koefisien poin itu tak menguntunkan bagi kebutuhan Indonesia mengejar poin.

"Kami memang merencanakan uji coba melawan tim Afrika, memang Shin Tae Yong inginkan menaikan (ranking). Mungkin seperti dengan Senegal. Sebelumnya Timnas U-23 kita melawan Iran, kalau itu dalam laga FIFA Match Day kan ada hitungannya," kata pria berpangkat Komjen Pol tersebut.

Mengacu kepada kalender FIFA match day, dua laga bakal digelar di interval 23-31 Maret. Untuk jadwal ini, Timnas Indonesia akan meneruskan perjalanan di penyisihan Piala Dunia 2022 Zona Asia melawan Thailand pada 26 Maret dan Uni Emirat Arab pada 31 Maret.

Kemudian, ada lagi jadwal uji coba antara 1 sampai 9 Juni, selanjutnya pada 31 Agustus-8 September, kemudian 5-13 Oktober, dan terakhir di periode 2020 ialah pada 9-17 November. (dkk/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...