Langkah Pertama saat Membeli Susu, Kenali Dulu Jenisnya

Langkah Pertama saat Membeli Susu, Kenali Dulu Jenisnya
Peluncuran kemasan baru Diamond Fresh Milk, Rabu (24/7). Foto: Istimewa for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Susu merupakan produk pangan dengan kandungan nutrisi yang sangat lengkap. Namun mudah ditumbuhi mikroorganisme. Karenanya, dalam proses pengolahannya higienitas produk penting untuk diperhatikan sedemikian rupa agar produk tidak tercemar.

Ahli Pangan dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Dr Ing. Azis Boing Sitanggang memaparkan cara penanganan susu yang baik dan aman, mulai dari produksi hingga sampai ke tangan konsumen. Hal pertama yang harus diperhatikan konsumen adalah mengetahui jenis susu yang dibeli.

Apakah termasuk jenis susu sterilisasi, susu segar atau pasteurisasi. Susu pasteurisasi adalah susu yang dalam prosesnya tidak dimaksudkan untuk membunuh seluruh mikroorganisme pada makanan.

"Sedangkan susu sterilisasi (UHT) terlebih dahulu dipanaskan selama 2-3 detik pada suhu 135 derajat celcius sampai 150 derajat celcius dan segera didinginkan sampai 4-5 derajat celcius. Sehingga semua kuman atau mikroorganisme termasuk bakteri dihancurkan oleh suhu ultra tinggi," jelas Azis dalam peluncuran kemasan baru Diamond Fresh Milk, Rabu (24/7).

BACA JUGA: Waspada, ini 7 Jenis Makanan yang Dapat Memicu Kolesterol Tinggi

Dijelaskan Aziz, dalam proses penyimpanannya pun, kedua jenis susu ini harus diperlakukan secara berbeda. Susu yang disterilisasi aman disimpan di suhu ruang. Meski demikian, apabila kemasannya sudah dibuka susu harus segera disimpan di dalam kulkas.

Sementara susu segar, harus senantiasa disimpan pada suhu 4° C untuk mencegah pertumbuhan mikroorganisme. Apabila membeli susu segar dari supermarket, sebisa mungkin harus segera disimpan di dalam kulkas, meskipun kemasannya belum dibuka.

GM Brand & Equipment Diamond Group, Yun Primawan, menyatakan, sebagai merek dan produk, Diamond Fresh Milk telah lama dekat dengan konsumen Indonesia. Konsumen mengenal Diamond Fresh Milk sebagai produk yang konsisten dengan kualitasnya dan terdistribusi secara luas, baik di gerai toko modern ataupun toko tradisional yang menyediakan lemari pendingin. Konsumen segmen keluarga muda Indonesia, mengenal produk Diamond Fresh Milk dari orang tua dan pengalaman masa kecil mereka. Pengalaman yang kemudian berlanjut hingga mereka dewasa dan lalu diteruskan ke generasi anak-anak mereka.

Sebagai produk pangan dengan kandungan nutrisi yang sangat lengkap, susu merupakan media yang mudah ditumbuhi mikroorganisme.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News