JPNN.com

Waspada, ini 7 Jenis Makanan yang Dapat Memicu Kolesterol Tinggi

Selasa, 23 Juli 2019 – 12:31 WIB Waspada, ini 7 Jenis Makanan yang Dapat Memicu Kolesterol Tinggi - JPNN.com

jpnn.com - Memiliki kadar kolesterol yang tinggi berisiko terhadap berbagai penyakit, dua di antaranya adalah penyakit jantung dan stroke. Agar terhindar dari penyakit berbahaya tersebut, kenali jenis makanan yang diketahui dapat memicu kolesterol tinggidemi kesehatan tubuh yang lebih baik.

Ketahuilah bahwa kolesterol tak melulu jahat. Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membentuk struktur sel membran dan proses metabolisme tubuh, meliputi produksi hormon, empedu, dan vitamin D.

Kolesterol diproduksi oleh hati dan juga dibuat oleh kebanyakan sel tubuh. Karena itu, sebenarnya Anda tak butuh tambahan kolesterol dari makanan. Jika Anda gemar mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol secara berlebihan, maka dampaknya bagi tubuh bisa berbahaya.

Daftar makanan yang bisa picu kolesterol tinggi
Supaya kadar kolesterol dalam darah senantiasa terjaga, catat jenis-jenis makanan yang dapat memicu kolesterol tinggi seperti yang dijabarkan di bawah ini.

1. Makanan yang digoreng

Berbagai makanan yang digoreng, apalagi deep-fry, mengandung kolesterol tinggi sehingga harus dihindari. Makanan yang digoreng tinggi kalori dan dapat mengandung lemak trans yang meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, konsumsi goreng-gorengan terlalu sering telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, obesitas, dan diabetes.

2. Makanan cepat saji

Mengonsumsi makanan cepat saji merupakan faktor risiko utama berbagai penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, diabetes, dan obesitas. Anda yang sering mengonsumsi makanan cepat saji cenderung memiliki kolesterol lebih tinggi, lebih banyak lemak perut, memiliki tingkat peradangan yang lebih tinggi, dan gangguan pengaturan gula darah.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...