JPNN.com

Langkah Pertamina Dinilai Ampuh Menahan Gelombang PHK

Kamis, 07 Mei 2020 – 15:30 WIB Langkah Pertamina Dinilai Ampuh Menahan Gelombang PHK - JPNN.com
Pertamina. Foto Instagram

jpnn.com, JAKARTA - Langkah PT Pertamina untuk tetap menjaga operasional, baik sektor hulu, kilang dan juga hilir mendapat apresiasi dari Anggota Komisi VII DPR Ridwan Hisjam.

Distribusi dan penyediaan BBM dan LPG untuk seluruh masyarakat sampai saat ini pun berjalan dengan baik. Menurut Ridwan, langkah tersebut bisa menjaga perekonomian nasional.

“Pertamina sebagai BUMN tetap menjadi lokomotif perekonomian nasional. Saya apresiasi, karena mereka tetap melakukan kegiatan operasional, baik di hulu dan hilir, sesuai protokol COVID-19,” kata Ridwan, Kamis (7/5).

Ridwan menegaskan, anjloknya harga minyak dunia sebenarnya sangat berdampak terhadap sektor hulu Pertamina.

Operasional Pertamina tersebut, menurut Ridwan memiliki dampak besar terhadap perekonomian nasional. Karena dengan demikian, tetap membuat banyak pihak tetap berdiri, seperti para kontraktor KKKS  dan stakeholder lain.

“Ya, dengan masih beroperasinya hulu sampai hilir Pertamina, ekonomi Indonesia tetap berjalan dan tidak terlalu mudah jatuh. Di sini ada multiplier effect, termasuk kepada perusahaan rekanan yang berarti juga seluruh tenaga kerja didalamnya,” lanjut Ridwan.

Menurut Ridwan, masih beroperasinya sektor hulu Pertamina, kilang dan hilir juga menahan terjadinya gelombang pemutusan hubungan kerja, yang tengah marak di tengah menurunnya aktivitas perekonomian.

Terpisah, pengamat ekonomi Universitas Batanghari Jambi Pantun Bukit menyebut Pertamina berani menempuh risiko merugi karena tetap beroperasi di tengah masa pandemi corona. Termasuk di antaranya, ketika Pertamina lebih memilih untuk membeli minyak dari KKKS ketimbang impor seluruhnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy