Langkah Pertamina Jamin Stok dan Distribusi Elpiji

Langkah Pertamina Jamin Stok dan Distribusi Elpiji
Penyaluran Elpiji 3 Kg. Foto dok humas Pertamina

jpnn.com, SURABAYA - Pertamina Marketing Operation Regional (MOR) V memastikan stok dan distribusi elpiji di Jawa Timur selama Ramadan dan Idulfitri bakal aman.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR V Rustam Aji mengungkapkan, pihaknya telah mengantisipasi kebutuhan energi dan menjamin ketersediaan elpiji di masyarakat.

Pertamina memprediksi konsumsi per bulan mencapai 105,3 ribu metrik ton (mt) untuk elpiji bersubsidi dan 6,8 ribu mt untuk nonsubsidi pada Mei–Juni 2019.

Hal itu setara dengan kenaikan 7-9 persen dibandingkan bulan lainnya. Pada kondisi normal, konsumsi di Jawa Timur tercatat 97 ribu mt elpiji subsidi dan 6,35 ribu mt nonsubsidi.

’’Ketika mayoritas orang berpuasa dengan mengurangi makan, tetapi ternyata konsumsi elpiji bertambah,” ujar Rustam, Rabu (8/5).

Kenaikan kebutuhan elpiji berbeda pada tiap daerah di Jawa Timur. Untuk itu, Pertamina MOR V akan memetakan kabupaten dan kota yang memiliki potensi kenaikan maupun penurunan kebutuhan elpiji.

Beberapa daerah tujuan mudik salah satunya. Rustam menyebutkan, konsumsi elpiji daerah tujuan mudik meningkat hingga 11 persen ketika Lebaran. Padahal, kebutuhan elpiji sebelumnya tidak meningkat.

’’Surabaya ketika Ramadan kebutuhannya naik, tetapi sewaktu Lebaran malah turun karena banyak yang mudik. Berbeda dengan tujuan mudik seperti Malang dan Madura,” ucapnya.

Pertamina Marketing Operation Regional (MOR) V memastikan stok dan distribusi elpiji di Jawa Timur selama Ramadan dan Idulfitri bakal aman.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News