Lanjutkan Pendidikan, 4.805 Guru Terima Bantuan

Lanjutkan Pendidikan, 4.805 Guru Terima Bantuan
Lanjutkan Pendidikan, 4.805 Guru Terima Bantuan
PALEMBANG– Pemprov Sumatera Selatan berupaya keras meningkatkan standar kemampuan guru. Ini dibuktikan dengan memberikan bantuan bagi para guru yang melanjutkan pendidikan ke jenjang Stara 1 (S1) atau Diploma 4 (D-4). Program ini sedikitnya memberikan kemudahan kepada  4.805 guru yang mendapatkan bantuan block grant kualifikasi pendidikan dengan nilai total mencapai Rp9,61 miliar.

     

Pemberian bantuan sendiri merupakan upaya pemerintah untuk merealisasikan amanat Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) yang mewajibkan semua guru harus berpendidikan serendah-rendahnya sarjana. ”Bantuan block grant diberikan kepada para guru yang melanjutkan S-1/D-4. Bantuan setiap tahun,” ungkap  Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Sumsel, Drs Iskandar Saleh MPd, kemarin.

Bantuan mayoritas akan diberikan kepada guru SD dan SMP (jenjang pendidikan dasar), yakni sebanyak 4.375 orang. Sisanya, 430 guru SMA dan SMK (jenjang pendidikan menengah).  Adapun guru yang memperoleh bantuan adalah semua guru baik yang berstatus sebagai PNS maupun non-PNS.

”Setiap guru dibantu Rp2 juta per tahun. Dengan harapan, mereka bisa membantu mereka menyelesaikan pendidikannya untuk mencapai tingkat pendidikan sarjana,” katanya. Rencananya, penyaluran bantuan hibah (block grant) pada bulan Juli ini. Sekarang, data penerima bantuan sedang diproses pada masing-masing Dinas Pendidikan kabupaten/kota.

PALEMBANG– Pemprov Sumatera Selatan berupaya keras meningkatkan standar kemampuan guru. Ini dibuktikan dengan memberikan bantuan bagi para

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News