Lansia dan Pengidap Diabetes Ketika Berpuasa

Lansia dan Pengidap Diabetes Ketika Berpuasa
Getty Images
SAMA halnya dengan ibu hamil dan menyusui, lanjut usia (Lansia) dan penderita diabetes juga boleh-boleh saja berpuasa, asal sebelumnya melakukan cek kesehatan. Menurut dr Purwita W Laksmi, SpPD(K)Ger dari divisi geriarti Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/ RSCM, lansia yang sehat dan terkontrol kesehatannya boleh saja tetap berpuasa.

Tapi, lanjutnya, tidak dianjurkan bagi lansia yang memiliki penyakit akut atau mereka yang tidak rutin mengontrol kesehatan. ’’Sebab, pada saat berpuasa itu, ada pengurangan sekitar 12 persen kalori dari rata-rata asupan harian,’’ jelas dia.

Itu berlaku pada setiap orang yang berpuasa. Hanya saja, bagi lansia yang berpenyakit dan tidak terkontrol penyakitnya, kekurangan 12 persen kalori bisa menyebabkan banyak dampak.

Begitu juga pada penderita DM. Jika gulanya terkontrol, kata Purwita, masih boleh melakukan puasa. Tapi tidak diperkenankan pada penderita DM yang sudah diwajibkan suntik per 2-3 jam.

SAMA halnya dengan ibu hamil dan menyusui, lanjut usia (Lansia) dan penderita diabetes juga boleh-boleh saja berpuasa, asal sebelumnya melakukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News