Lantai Sekolah Jebol, Murid SD Nyaris jadi Korban

31 Tahun Berdiri, SDN 004 Desa Binalawan Hanya Sekali Direnovasi

Lantai Sekolah Jebol, Murid SD Nyaris jadi Korban
Ruang belajar di SDN 004 Desa Binalawan ini tidak dapat difungsikan akibat lantai di 4 ruangan ini jebol dan belum ada perbaikan. Foto: Muh. Erwinsyah/Radar Nunukan/JPNN

jpnn.com - SEBATIK – Potret suram pendidikan di perbatasan tidak pernah habis. Kondisi SD Negeri 004 Desa Binalawan, Kecamatan Sebatik Barat, misalnya, kini sangat perhatian.

Jebolnya lantai sekolah ini diduga akibat tiang penyangga lantai tidak kuat lagi menahan beban yang diperparah kondisi lahan yang miring serta tidak sejajar dengan bangunan sekolah ini.

Kepala SDN 004 Desa Binalawan, Jainun Jariah membeberkan, kerusakan sekolah yang dipimpinnya itu terjadi sejak Mei 2014 dan sudah mengalami kerusakan akibat ambruknya lantai Ruang Kelas Belajar (RKB). Dalam bangunan itu terdapat 4 ruangan, yakni 3 ruang kelas dan 1 ruang Unit Kesehatan Sekolah (UKS).

“Jadi, bangunan itu sudah tidak kami gunakan sejak ambruknya lantai kelas itu,” kata Jariah kepada Radar Nunukan (Grup JPNN.com), Rabu (18/2).

Dikatakannya, saat lantai sekolah milik pemerintah itu jebol hampir memakan korban dari anak didiknya. Itu terjadi ketika murid SD itu mulai memasuki mata pelajaran pertama pagi hari. Beruntung, sebagian siswa telah keluar dari ruangan sebelum ambruknya lantai sekolah tersebut.

“Kolong lantai itu cukup tinggi, bisa mencapai tinggi orang dewasa. Kalau jatuh cukup berbahaya, bagian belakang gedung lebih tinggi lagi daripada bagian depannya,” lanjut Jariah menjelaskan.

Sekolah yang telah berdiri sejak 1984 itu pernah mendapat bantuan berupa renovasi gedung sekitar 2005 silam. Bangunan dasar berupa kayu diubah menjadi bangunan semi permanen, sebagian dari bangunan terbuat dari beton dan lantai kayu menjadi tehel. Namun, penyangga bangunan ini masih dari kayu.

Dengan kerusakan tergolong parah ini, pihak sekolah meminta bangunan itu dibangun ulang. Melihat kondisi bangunan yang ambruk, tidak memungkinkan bangunan itu direnovasi. Sehingga, perlu penanganan lebih lanjut dari instansi terkait untuk menangani segera bangunan sekolah yang ambruk ini.

SEBATIK – Potret suram pendidikan di perbatasan tidak pernah habis. Kondisi SD Negeri 004 Desa Binalawan, Kecamatan Sebatik Barat, misalnya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News