Lantamal XII Pontianak Evakuasi KM. Sinar Kakap

Lantamal XII Pontianak Evakuasi KM. Sinar Kakap
Pos Pengamat TNI AL (Posmat) Muara Kubu Lantamal XII Pontianak membantu evakuasi dan penyelamatan terhadap Kapal Motor (KM) Sinar Kakap karena kapal tersebut tenggelam di perairan Muara Kubu, Kalbar. Foto: Dispen Koarmabar

jpnn.com, PONTIANAK - Pos Pengamat TNI AL (Posmat) Muara Kubu Pangkatan Utama Angkatan Laut (Lantamal) XII Pontianak membantu evakuasi dan penyelamatan terhadap Kapal Motor (KM) Sinar Kakap. Evakuasi kapal tersebut karena mengalami kecelakaan laut yang mengakibatkan kapal tersebut tenggelam di perairan Muara Kubu, Kalimantan Barat.

Dinas Penerangan Koarmabar dalam keterangan persnya, menyebutkan, KM. Sinar Kakap merupakan kapal penangkap ikan dengan rute berlayar dari Pelabuhan Tanjung Satai Kabupaten Kayong Utara dengan tujuan Pelabuhan Rasau Jaya, Pontianak.

Pemilik kapal dengan nomer regristasi No. 400 HHE dan berbobot 21 GT ini adalah Tong Seng. Sedangkan Nakhoda Embut Kamil beserta 7 orang ABK.

KM. Sinar Kakap mengalami cuaca buruk di perairan Tanjung Kedah Muara Kubu akibat diterpa ombak setinggi 2 meter disertai hujan lebat dan air laut masuk yang mengkibatkan kapal tenggelam.

Kejadian berawal pada pukul 00.30 WIB (12/1), anggota jaga Posal Muara Kubu menerima informasi dari masyarakat sekitar bahwa KM. Sinar Kakap mengalami kandas di perairan Muara Kubu.

Selanjutnya, Komandan Posmat Pelda Mes Satuhir dan anggotanya dengan Patkamla Padang Tikar PAT II-12-19 langsung bergerak dengan cepat menuju lokasi kejadian tenggelamnya KM. Sinar Kakap guna membantu proses pencarian dan evakuasi yang dibantu oleh Pol Air Muara Kubu dan masyarakat setempat.

Setelah tiba di perairan Muara Kubu dilakukan penyisiran untuk mencari KM. Sinar Kakap dengan situasi gelap dan hujan lebat. Selang berapa lama didapatkan tanda lampu dari KM. Sinar Kakap.

Kemudian Patkamla Padang Tikar langsung mendekati lokasi tersebut dan didapatkan Nahkoda dan ABK berada di atas anjungan dikarenakan badan kapal sudah sebagian tenggelam. Nahkoda dan ABK langsung dipindahkan ke Patkamla Padang Tikar dan dibawa ke Posmat Muara Kubu.

Setelah tiba di perairan Muara Kubu, tim melakukan penyisiran untuk mencari KM. Sinar Kakap dengan situasi gelap dan hujan lebat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News