Lantik Para Kepala Daerah Terpilih, Ganjar: Kekuasaan Seorang Presiden pun Ada Batasnya

Lantik Para Kepala Daerah Terpilih, Ganjar: Kekuasaan Seorang Presiden pun Ada Batasnya
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo melantik para kepala daerah terpilih di Pilkada Jateng. Foto: Instagram Ganjar Pranowo

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo telah melantik para kepala daerah terpilih Pilkada 2020 idi Gedung Gradhika Bhakti Praja, Jumat (26/2).

Usai pelantikan tersebut, Ganjar membacakan pidato sang proklamator, Bung Karno.

"Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian, bahwa kekuasaan seorang presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanyalah kekuasaan rakyat. Dan di atas segalanya adalah kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa,” kutip Ganjar.

Dia menyampaikan pesan dari Soekarno itu agar semua bupati/wali kota terpilih tidak lupa dengan visi-misinya, dan setelah dilantik mereka harus segera mengeksekusi demi kesejahteraan rakyat.

"Reformasi birokrasi menjadi sangat penting dilakukan saat ini, maka saya tadi titipkan itu. Saya katakan, buat saya jabatan ini cuma mandat saja, tuannya ya rakyat sehingga mereka diharapkan mengerti dan bekerja sesuai apa yang menjadi visi misinya dulu. Sekarang saatnya dieksekusi," ujar Ganjar.

Selain itu, Ganjar juga menyampaikan sejumlah pesan kepada para kepala daerah yang dilantik. Persoalan penanganan Covid-19 diminta dikebut, termasuk mitigasi bencana yang akhir-akhir ini terjadi.

"Saya minta untuk daerah-daerah rawan bencana, segera koordinasi. Program-program yang sudah ada tinggal diteruskan, kalau perlu ada percepatan. Daerah-daerah seperti Pekalongan, Semarang, Demak saya minta serius dan intens menangani ini. Sepertinya di anggaran 2022 harus konsentrasi soal itu, suka tidak suka harus dilakukan karena kondisi emergency," tegas Ganjar.

Daerah-daerah penyangga, lanjut Ganjar, juga harus bahu membahu menyelesaikan persoalan bencana ini. Kawasan hulu harus menjaga lingkungan dengan menggiatkan penanaman dan penghijauan.

Gubernur Ganjar Pranowo mengingatkan para kepala daerah terpilih yang dilantiknya untuk menyelesaikan tugas-tugas dengan baik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News