Lantunkan Selawat, Menko PMK Lepas Peserta Mudik Gratis untuk Pemotor

Lantunkan Selawat, Menko PMK Lepas Peserta Mudik Gratis untuk Pemotor
Lantunan selawat Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengiringi keberangkatan KM Dobonsolo yang mengangkut ribuan peserta mudik gratis dari Tanjung Priok menuju Tanjung Emas, Sabtu (15/4). Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menjelang Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah masyarakat berbondong-bondong melakukan mobilisasi perjalanan mudik ke kampung halamannya masing-masing.

Demi memperlancar arus perjalanan, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan menyelenggarakan program mudik gratis menggunakan kapal laut bagi pengguna sepeda motor.

Sebanyak 1634 penumpang dan 756 motor diangkut kapal Pelni KM Dobonsolo dari Pelabuhan Tanjung Priok hingga ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada Sabtu (15/4). 

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melepas langsung mudik gratis ini.

Turut mendampingi Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan, Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Arif Toha Tjahjagama, Staf Khusus Kemenhub Adita Irawati, Staf Ahli Bidang Transformasi Birokrasi Kemenko PMK Aris Darmansyah, Dirut Pelni Tri Andayani, dan Direktur Utama PT Pelindo Arif Suhartono beserta jajarannya.

Sebelum melepas, Menko PMK menyapa para pemotor yang sedang registrasi untuk naik ke kapal secara drive-tru.

Lalu, dilanjutkan meninjau keadaan di dalam kapal dan berbincang dengan para penumpang. Mereka akan menuju ke kampung halaman di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Mereka menempati selasar dengan ranjang-ranjang berjejer dan suhu ruangan cukup nyaman ber-AC. Para penumpang juga akan mendapat buka dan sahur gratis selama perjalanan.

Sebelum melepas, Menko PMK menyapa para pemotor yang sedang registrasi untuk naik ke kapal secara drive-tru

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News