LaNyalla Membuka Liga Muaythai Seri 3 Piala Pangdam V Brawijaya

LaNyalla Membuka Liga Muaythai Seri 3 Piala Pangdam V Brawijaya
Ketua DPD LaNyalla Mahmud Mattalitti menghadiri Liga Muaythai Piala Pangdam Brawijaya. Foto: source for JPNN

jpnn.com - SURABAYA - Ketua Umum Pengurus Besar Muaythai Indonesia (PB MI) LaNyalla Mahmud Mattalitti menilai filosofi bela diri muaythai bisa menjadi karakter bangsa.

"Salah satu filosofinya adalah pelajaran untuk tidak mudah menyerah, tetap bertahan, dan berusaha. Filosofi ini seharusnya menjadi karakter bangsa. Jangan menyerah dalam menghadapi apa pun," ujar LaNyalla yang juga Ketua DPD RI itu saat membuka Liga Muaythai Seri 3, Piala Pangdam V Brawijaya, di Surabaya, Sabtu (17/6).

Menurut pria berdarah Bugis itu, di dalam olahraga bela diri, terdapat banyak manfaat. Selain menyehatkan fisik dan mental, juga melatih olah pikir dan olah nafsu. Sebab di dalam bela diri harus ada keseimbangan emosi dan mental, serta kekuatan fisik.

"Ini sangat penting bagi generasi muda. Dari olahraga ini, para remaja dan generasi muda dapat belajar menghormati diri mereka sendiri dan juga orang lain. Mereka juga belajar konsentrasi lebih tinggi dan meningkatkan disiplin diri. Jadi bukan hanya sekadar pertandingan," tutur LaNyalla.

Dia mengapresiasi Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf yang telah menyukseskan Liga Muaythai Seri 3.

"Saya yakin, kepedulian dan kesediaan Bapak Pangdam karena didorong oleh kesadaran bahwa olahraga bela diri prestasi, selalu memberi kontribusi positif bagi para pegiatnya," kata LaNyalla.

Dia juga angkat topi kepada Pengurus Muaythai Jawa Timur yang telah membuktikan diri mampu menjalankan roda organisasi dan pembinaan, untuk terus berkiprah dalam turnamen, kejurda, porprov, maupun puslatda untuk persiapan PON Sumut dan Aceh tahun depan.

Mantan Ketum PSSI itu mengatakan, cabang olahraga muaythai telah ditetapkan sebagai salah satu cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Olimpiade 2024 di Paris.

LaNyalla bilang filosofi muaythai bisa menjadi karakter bangsa. Jangan menyerah dalam menghadapi apa pun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News