LaNyalla Dapat Saran Memajukan Prestasi Muaythai Indonesia

LaNyalla Dapat Saran Memajukan Prestasi Muaythai Indonesia
LaNyalla Mattalitti dan rombongan di pusat pelatihan dan olahraga di Bangkok. Foto: Tim DPD

jpnn.com - BANGKOK - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menyempatkan mendatangi kantor otoritas olahraga Thailand di kawasan Ramkhamhaeng, Bangkok, pada hari kedua kunjungan kerja ke Thailand, Selasa (29/11).

Secara khusus, LaNyalla yang juga Ketua Pengurus Besar Muaythai Indonesia (PBMI) itu bertemu dengan jajaran pengurus federasi muaythai internasional (IFMA) yang berkantor pusat di Bangkok.

LaNyalla disambut langsung Ketua Kehormatan IFMA Sakchye Tapsuwan Direktur Pengembangan dan Promosi Olahraga Thailand Theerawat Sinlapa-Archa, Ketua Komisi Atlet IFMA Janice Lyn, Direktur Hubungan Internasional IFMA Nareerat Vissutvarin, dan Sekretaris Jenderal IFMA Stephan Fox.

LaNyalla yang didampingi sejumlah anggota DPD RI, yang beberapa di antaranya juga pengurus muaythai Indonesia, mendapat beberapa masukan untuk pengembangan prestasi cabor tersebut di Indonesia.

Di antaranya dengan memasukkan muaythai sebagai salah satu pilihan ekstrakurikuler di sekolah dan perguruan tinggi, serta memasyarakatkan muaythai sebagai bagian dari fasilitas gym di Indonesia.

"Kalau di Thailand, muaythai memang bagian dari tradisi sejarah kami yang panjang. Namun, di negara lain, muaythai dikembangkan melalui beberapa tools. Salah satunya yang sekarang menjadi bagian dari gaya hidup adalah aktivitas di gym,” kata Ketua Komisi Atlet IFMA Janice Lyn.

Perempuan yang juga anggota Eksekutif Komite IFMA tersebut juga menyarankan agar muaythai menjadi salah satu alternatif program untuk mengurangi angka kenakalan dan kriminalitas remaja, melalui perekrutan mereka di sasana-sasana muaythai untuk diberi pelatihan secara cuma-cuma.

“Di Thailand kami bekerja sama dengan televisi untuk membuat acara reality show untuk menampilkan mereka yang berhasil mengubah nasib, dari kantong-kantong kemiskinan, hingga berhasil menjadi atlet yang berpenghasilan,” katanya.

LaNyalla mendapat beberapa masukan untuk pengembangan prestasi muaythai di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News