LaNyalla Sarankan Ini ke Polda Jatim yang Asuh Ribuan Anak Korban Covid-19

LaNyalla Sarankan Ini ke Polda Jatim yang Asuh Ribuan Anak Korban Covid-19
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti disambut Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta saat berkunjung ke Polda Jatim, beberapa waktu. Foto: Humas DPD RI

jpnn.com, SURABAYA - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menilai langkah Polda Jatim mengambil peran sebagai orang tua asuh bagi ribuan anak yatim piatu korban Covid-19 patut diapreasiasi.

"Langkah Polda Jatim memenuhi segala kebutuhan anak-anak itu, terutama pendidikan serta disiapkan asrama untuk menampung anak yatim tersebut patut kita apresiasi," tutur LaNyalla, Sabtu (18/9).

Namun LaNyalla juga menyarankan agar Polda Jatim agar menjalin kerjasama dengan pihak terkait, seperti Dinas PPPA atau lembaga pendampingan anak lainnya untuk menangani permasalahan anak yatim piatu tersebut.

Menurut LaNyalla, tingginya angka anak yatim piatu akibat Covid-19 memerlukan sinergitas berbagai unsur agar kebutuhan mereka bisa terpenuhi.

Selain perlindungan untuk hidup, makanan serta kebutuhan pendidikan, LaNyalla menilai anak-anak tersebut perlu pendampingan psikologis pascakematian orang tuanya.

"Tentu agar kesehatan jiwanya pulih dan tidak meninggalkan traumatik di masa mendatang. Maka, perlu dilakukan pendekatan holistik kepada anak-anak yang orang tuanya meninggal karena Covid-19," tutur LaNyalla.

Senator asal Jawa Timur itu menekankan, penting pemulihan kesehatan jiwa karena ditinggal orang tua saat usia belia akan menimbulkan sejumlah problematika yang bisa berdampak serius dan berkepanjangan di masa mendatang.

"Kerjasama lintas stakeholder harus dijalin oleh Polda Jatim agar penanganan tersebut dapat meredam segala dampak risiko yang dapat ditimbulkan. Tak mudah menangani anak-anak, karena mereka memiliki daya rekam yang cukup baik," tuturnya.

Menyikai tingginya angka anak yatim piatu akibat Covid-19 di Jatim, LaNyalla menyarankan yang perlu dilakukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News