Laode Ida: Ada Rasa Ketidakpuasan Rakyat di Wilayah Timur Indonesia

Laode Ida: Ada Rasa Ketidakpuasan Rakyat di Wilayah Timur Indonesia
Komisioner Ombudsman RI, Laode Ida. Foto: Dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Komisioner Ombudsman RI Laode Ida menuding pemerintah lalai melakukan pendekatan berbasis budaya di kawasan timur Indonesia termasuk Papua. Mestinya, urusan pembangunan di Papua menggunakan pendekatan berbasis budaya.

"Selama ini pemerintah pusat lalai hadirkan pendekatan berbasis budaya. Semua dipaksa dikelola secara seragam dengan daerah lain," kata Laode dalam keterangan tertulisnya, Senin (2/9).

Kelalaian ini diperparah dengan dihilangkannya Kementerian Percepatan Pembangunan Kawasan Timur Indonesia. Padahal kementerian itu fokus mengurus pembangunan di wilayah timur Indonesia.

Sementara pengisian petinggi negara lalai melibatkan figur-figur yang lahir di kawasan timur. Semua habis tersedot oleh kelompok politisi dan profesional dari wilayah barat nusantara. Akibatnya, rasa memiliki negara berkurang.

"Faktanya memang yang banyak berperan adalah figur-figur dari wilayah barat Indonesia. Jangan heran, ada rasa ketidakpuasan rakyat di wilayah timur Indonesia," ucapnya.

BACA JUGA: Moeldoko Ungkap Alasan Presiden Jokowi Belum Turun ke Papua

Dia menambahkan, yang terjadi di Papua hari-hari ini sepertinya merupakan produk dari pendekatan yang tidak pas itu. (esy/jpnn)

 


Menurut Laode Ida, pemerintah selama ini tidak menggunakan pendekatan budaya di kawasan timur Indonesia, termasuk Papua.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News