LaporGub Gagasan Ganjar Terbukti Efektif Atasi Keluhan Masyarakat

LaporGub Gagasan Ganjar Terbukti Efektif Atasi Keluhan Masyarakat
Bakal calon presiden dari PDIP Ganjar Pranowo. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - SEMARANG - Sistem LaporGub! yang digagas Ganjar Pranowo saat memimpin Jawa Tengah efektif menampung dan mengatasi persoalan masyarakat.

LaporGub! dianggap sebagai terobosan yang bagus untuk menampung aspirasi dan keluhan warga Jateng secara langsung.

"Ya. LaporGub! bagus sebagai upaya untuk menampung aspirasi dan keluhan warga di Jateng secara langsung,” kata pengamat kebijakan publik dari Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, Kumorotomo.

Prof Kumoro mengatakan laporan masyarakat harus ditindaklanjuti secara cepat dan tepat. Penekanan pada sistem LaporGub! adalah melacak kebenaran laporan yang dilayangkan masyarakat, tanggapan serius dari gubernur, serta ditindaklanjuti secara cepat oleh organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

LaporGub! disiapkan untuk menindaklanjuti aduan secara cepat dan tepat.

Prof Kumoro menganggap si penggagas, yakni Ganjar Pranowo, konsisten menanggapi secara cepat laporan yang disampaikan masyarakat. Selanjutnya, Ganjar memastikan agar laporan atau keluhan masyarakat tersebut ditindaklanjuti oleh OPD terkait.

“Yang dimaksud ditindaklanjuti sebagian besar bukan sekadar ditanggapi atau dijawab dengan waktu respons yang cepat. Namun, yang lebih diperlukan ialah upaya untuk menangani masalah yang diadukan, dilacak kebenarannya, ditanggapi secara serius, dan ditindaklanjuti melalui OPD yang relevan,” tutur Prof Kumoro.

Dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), kontak pemerintah dengan warga (government to citizens) sekarang ini sangat mudah dilakukan.

Pengamat kebijakan publik dari UGM angkat bicara soal sistem LaporGub yang dicetuskan oleh Ganjar Pranowo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News