Latihan Upacara Gabungan, Persiapan Paskibraka Terus Dimatangkan

Latihan Upacara Gabungan, Persiapan Paskibraka Terus Dimatangkan
PERSIAPAN Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) menjelang peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-71, 17 Agustus mendatang terus di matangkan. Foto Kemepora for JPNN.com

jpnn.com - PERSIAPAN Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) menjelang peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-71, 17 Agustus mendatang terus di matangkan. 

Selasa (09/8) pagi dilaksanakan latihan upacara gabungan Pengibaran Sang Saka Merah Putih di Lapangan Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional (PP PON) Cibubur, Jakarta.
 
Latihan upacara gabungan ini akan dilaksanakan selama 3 hari. Dimulai dari  8-10 Agustus 2016 yang diikuti pasukan Paskibraka yang terdiri dari 34 putra dan 34 putri utusan dari 34 provinsi di Indonesia. 

Para anggota Paskibraka merupakan hasil seleksi Paskibraka Nasional 2016 bersama Pasukan Protokol Kepolisian, Pasukan Protokol TNI Angkatan Darat, Laut dan Udara serta Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dan Korsik dari Angkatan Darat, Laut dan Udara.
 
Latihan gabungan ini juga sebagai seleksi dan akan terus dinilai hingga gladi kotor dan resik (13 hingga 15 Agustus) di Istana Negara, Jakarta.

"Latihan ini akan sama dilakukan saat di Istana Negara nanti, kami akan nyatakan latihan ini 100 persen apabila nanti saat gladi resik, tetapi yang pasti saat ini kita terus 'go'," ucap Yosua Pandit Sembiring, Kepala Staf Garnisun Tetap 1/Jakarta, merangkap Ketua Panitia Sub Bidang Upacara.
 
Menurutnya, kondisi di lapangan saat latihan ini diatur dan didesain sedemikian rupa hingga persis seperti di Istana Negara.

"Meski belum di medan sebenarnya tetapi memang sengaja kita desain sedemikian rupa yang mirip seperti di Istana, tetapi apa yang dilakukan pasukan, komandan upacara, pembawa acara, komandan paskibraka, lagu-lagu dari Korsik akan sama saat upacara di Istana nanti," lanjutnya.
 
Sebelumnya, Ketua Panitia Penyelenggara Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Paskibraka Nasional 2016 Bastaman Harahap menjelaskan latihan ini sebagai bentuk adaptasi dan memantapkan kekompakan, sejauh ini proses latihan berjalan baik. 

"Tidak terlihat adanya kesalahan-kesalahan fatal karena mereka sebelumnya telah lulus seleksi dan latihan di daerahnya masing-masing," ucapnya. (ben)


PERSIAPAN Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) menjelang peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-71, 17 Agustus mendatang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News